Pusat Riset Apple Senilai Rp 1,1 Triliun Siap Beroperasi Oktober 2017

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Juni 2017 - 14:55 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di dampingi Dirjen ILMATE Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan dan Tenaga Ahli Menperin, Sunny Iskandar saat menerima kunjungan Direktur for South Asia Apple, Mr. Michel Coulumb
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di dampingi Dirjen ILMATE Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan dan Tenaga Ahli Menperin, Sunny Iskandar saat menerima kunjungan Direktur for South Asia Apple, Mr. Michel Coulumb

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Apple Inc, perusahaan teknologi asal amerika serikat akan segera membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) senilai Rp 1,1 triliun di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten.

Hal tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri Perindustrian, Sanny Iskandar seusai mendampingi Menteri Perindustrian bertemu dengan Direktur for South asia Apple, Mr.Michel Coulumb di kantor Kemenperin, Jakarta (21/6/2017).

"Apple akan menyewa sebuah gedung di kawasan itu seluas 1.500 meter persegi dengan fasilitas seperti inovation center lainnya yang ada di Silicon Valley dan san Jose dan akan mulai dilengkapi berbagai fasilitas R7D pada bulan Agustus 2017," ungkap Sanny Iskandar.

Ia menambahkan, untuk tahap awal apple akan bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk pelatihan di bidang teknologi informasi. "Mereka memilih Binus, karena memang Binus orientasinya ke IT," ujarnya.

Selain itu, lanjut Sanny, pusat riset itu nantinya akan melahirkan berbagai aplikasi untuk mendukung kinerja gawai yang mereka produksi. "Jadi aplikasinya untuk aplle environtment tapi biasanya aplikasi ini bisa juga untuk yang non consumer base industry. Bisa juga aplikasi sesudahnya untuk enterprise aplikasi," imbuh Sanny.

Menurut Sanny, dengan masuknya Apple ke Indonesia memperlihatkan bahwa kebijakan yang dilakukan pemerintah mengenai local content, inovasi, dan skim investasi yang diperkenalkan enam bulan lalu, memang membuahkan hasil.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, pembangunan pusat inovasi Apple juga akan dilakukan di beberapa lokasi, hanya saja untuk tahap pertama di BSD.

Pusat riset senilai Rp 1,1 triliun itu rencananya akan segera beroperasi pada bulan Oktober 2017. "Pusat riset ini sekaligus dilengkapi tenaga kerja dari dalam maupun luar negeri," pungkas Sanny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…