Pemkot Malang Gandeng Bekraf Pacu Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Juni 2017 - 05:10 WIB

Ilustrasi Badan Ekonomi Kreatif (NurPhoto/Contributor/Getty Images)
Ilustrasi Badan Ekonomi Kreatif (NurPhoto/Contributor/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Malang, Pemerintah Kota Malang bekerjasama dengan Tim Pemeringkatan Mandiri kabupaten atau Kota kreatif Indonesia (PMK3I) dibawah naungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk melakukan uji petik terhadap 3 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas.

Dalam hal ini, pemerintah kota malang mengajukan diri untuk dilakukan uji petik terhadap 3 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas di kota Malang. Namun dua subsektor yakni Game Aplikasi dan Kuliner dijadikan fokus andalan Pemkot Malang dengan PMK3I.

"Uji petik sudah kita lakukan termasuk di kota Malang, dengan harapan ekonomi kreatif ini mampu menjadi solusi dan bermafaat bagi masyarakat dan menjadi percontohan terbaik di Indonesia dalam hal mendorong ekonomi kreatif," ungkap Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Sungkari di Malang (20/6/2017).

Ia menambahkan, kerjasama ini merupakan bentuk komitmen dari Pemkot Malang dan Bekraf untuk fokus mengembangkan dua sektor yang sudah diputuskan dalam uji petik yakni Game Aplikasi dan Kuliner. "Penandatanganan ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah meningkatkan ekonomi kreatif," terangnya.

Kota Malang menjadi salah satu dari 40 kota atau kabupaten yang sudah didatangi oleh tim PMK3I untuk mendorong ekonomi kreatif. Beberapa kota besar lain di luar pulau Jawa seperti, Samarinda, Banjarmasin, dan Balikpapan sudah didatangi oleh PMK3I.

Sementara itu, Walikota Malang, Moch Anton mengungkapkan, potensi pengembangan ekonomi kreatif di kota Malang memiliki sendi penopang yang sangat kuat. Selain potensi SDM yang mumpuni dari para anak muda yang keratif, kehadiran 55 perguruan tinggi sebagai sarana pengembangan dari sisi akademisi juga sangat mendukung.

"Kota malang memiliki penduduk yang padat dan masalah besar dari segi ekonomi adalah inflasi. Namun, dengan adanya anak muda kreatif ini angka inflasi kita masih lebih rendah dibandingkan Provinsi Jawa Timur," ucap Anton.

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi kota Malang yang mencapai angka 5,6 persen dengan tingkat inflasi yang cukup rendah yakni 2,6 persen, menunjukkan jika selama ini berbagai sektor termasuk ekonomi kreatif berperan di dalamnya.

"Kita sudah melihat potensi besar itu, sehingga saat ini kita bisa tunjukkan hasil nyata. Pemkot Malang akan berkomitmen untuk itu," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…