Disperindag Kota Ternate Akan Kembangkan IKM Berbasis Wisata

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 Juni 2017 - 13:11 WIB

 IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Ternate - Sebagai salah satu upaya mempromosikan produknya kepada wisatawan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara akan mengembangkan Industri Kecil Menengah (IKM) wisata.

"Disperindag merencanakan lima lokasi pengembangan IKM wisata di Ternate, tetapi yang akan direalisasikan pada tahap pertama hanya dua lokasi yakni di Marikurubu dan Tobololo," kata Kepala Disperindag Kota Ternate Nuryadin Abdurrahman di Ternate, Selasa (20/6/2017).

IKM wisata yang akan dikembangkan di Marikurubu adalah IKM wisata kerajinan bambu cina, sedangkan di Tobololo adalah IKM wisata pengolahan sirup pala, yang keduanya merupakan produk unggulan IKM di Ternate.

Menurut Nuryadin Abdurrahman, melalui pengembangan IKM wisata tersebut, setiap wisatawan yang berkunjung di Ternate akan diarahkan untuk mengunjungi sentra kerajinan bambu cina di Marikurubu dan pengolahan sirup pala di Tobololo, sehingga wisatawan bisa melihat proses produksinya dan berbagai produk yang dihasilkan.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke IKM wisata tersebut diharapkan akan membeli salah satu produk yang dihasilkan sebagai cinderamata atau paling tidak mereka dapat menceritakannya kepada keluarga atau rekan setelah kembali daerah atau negara masing-masing, sehingga dapat menjadi semacam promosi gratis.

"Kami yakin wisatawan akan tertarik dengan IKM wisata tersebut karena wisatawan biasanya ketika melihat suatu produk kerajinan atau IKM lainnya, akan tertarik pula akan melihat bagaimana proses produksinya," kata Nuryadin.

Disperindag Ternate selama ini juga telah membantu mempromosikan produk IKM di daerah ini, termasuk pemasarannya melalui berbagai terobosan, di antaranya dengan membangun swalayan Taranoate untuk menampung dan memasarkan seluruh produk IKM di daerah ini.

Nuryadin menambahkan, setiap wisatawan yang berkunjung ke Ternate dan membutuhkan cinderamata untuk dibawa pulang ke daerah atau negara asal pasti akan berkunjung ke swalayan Taranoate itu.

Produk IKM yang di pasarkan di swalayan Taranoate itu di antaranya berbagai produk kerajinan seperti kerajinan kain batik tubo, kerajinan besi putih, kerajinan batu akik, kerajinan bambu cina dan berbagai produk olahan makanan dan minuman seperti sirup pala, abon ikan dan keripik pisang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.