Kadin: Penyedia Kapal Sambut Baik Paket Kebijakan Ekonomi XV

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Juni 2017 - 03:55 WIB

Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto
Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Paket Kebijakan Ekonomi XV yang kali ini sasarannya adalah sektor logistik dinilai dapat mendorong para pelaku usaha guna mempercepat pengembangan usaha dan memperkuat daya saing jasa logistik nasional.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto mengatakan, para pelaku usaha di sektor logistik, perkapalan dan pelayaran menyambut baik Paket Kebijakan XV tersebut, dengan harapan agar beyond cabotage bisa cepat terwujud.

"Muatan-muatan batubara dan kelapa sawit yang diekspor sekarang harus menggunakan kapal berbendera Indonesia. Demikian juga kalau kita mengimpor beras dan bahan pokok, menggunakan kapal Indonesia," ungkap Carmelita Hartoto di Jakarta senin malam (19/6/2017).

Disisi lain, Carmelita menyambut baik pemberian insentif pajak 0 persen bagi 115 komponen kapal untuk industri galangan kapal. "Hal ini akan membuat harga produk dan layanan galangan kapal menjadi efisien," terangnya.

"kami berharap galangan kapal tidak hanya terkonsentrasi bisnisnya di Indonesia bagian barat. Sebaiknya galangan kapal juga dibangun di Indonesia bagian timur sehingga kapal-kapal di timur yang memerlukan perawatan tidak harus ke barat dulu," ucapnya.

Terkaitdihapuskannya modal dasar bagi keagenan kapal, Carmelita berharap agar Kementerian Perhubungan segera membuat turunan dari keputusan ini.

"Jangan sampai pihak-pihak yang tidak kompeten lalu menjadi agen kapal. Kalau ada masalah, mereka tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Istimewa)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:30 WIB

Sektor Investasi Membaik, China Development Bank Segera Buka Kantor di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno didamping Dirut PT Telkom Alex J Sinaga (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:24 WIB

Menteri Rini: Balkondes Dielola PT Telkom Masih Terbaik

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang dikembangkan PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo masih yang terbaik dibanding Balkondes yang dibangun sejumlah…

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah Dirut BUMN (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:10 WIB

Menteri Rini Pastikan 18 Balkondes Beroperasi Akhir Tahun Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang dikelola perusahaan milik negara itu, bisa beroperasi…

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Gedung SKK Migas (en.tempo.co)

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:32 WIB

SKK Targetkan Cadangan Migas 2017 Sebersar 68,57 Persen

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan peningkatan cadangan migas hingga akhir 2017 sebesar 68,57 persen.