Kadin: Penyedia Kapal Sambut Baik Paket Kebijakan Ekonomi XV

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Juni 2017 - 03:55 WIB

Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto
Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Paket Kebijakan Ekonomi XV yang kali ini sasarannya adalah sektor logistik dinilai dapat mendorong para pelaku usaha guna mempercepat pengembangan usaha dan memperkuat daya saing jasa logistik nasional.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto mengatakan, para pelaku usaha di sektor logistik, perkapalan dan pelayaran menyambut baik Paket Kebijakan XV tersebut, dengan harapan agar beyond cabotage bisa cepat terwujud.

"Muatan-muatan batubara dan kelapa sawit yang diekspor sekarang harus menggunakan kapal berbendera Indonesia. Demikian juga kalau kita mengimpor beras dan bahan pokok, menggunakan kapal Indonesia," ungkap Carmelita Hartoto di Jakarta senin malam (19/6/2017).

Disisi lain, Carmelita menyambut baik pemberian insentif pajak 0 persen bagi 115 komponen kapal untuk industri galangan kapal. "Hal ini akan membuat harga produk dan layanan galangan kapal menjadi efisien," terangnya.

"kami berharap galangan kapal tidak hanya terkonsentrasi bisnisnya di Indonesia bagian barat. Sebaiknya galangan kapal juga dibangun di Indonesia bagian timur sehingga kapal-kapal di timur yang memerlukan perawatan tidak harus ke barat dulu," ucapnya.

Terkaitdihapuskannya modal dasar bagi keagenan kapal, Carmelita berharap agar Kementerian Perhubungan segera membuat turunan dari keputusan ini.

"Jangan sampai pihak-pihak yang tidak kompeten lalu menjadi agen kapal. Kalau ada masalah, mereka tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 16:30 WIB

TEI 2018 Targetkan Transaksi 1,5 Miliar Dolar

Ajang pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 menargetkan total transaksi sebesar 1,5 mliar dolar Amerika Serikat (AS), dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia…