Kadin: Penyedia Kapal Sambut Baik Paket Kebijakan Ekonomi XV

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Juni 2017 - 03:55 WIB

Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto
Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Paket Kebijakan Ekonomi XV yang kali ini sasarannya adalah sektor logistik dinilai dapat mendorong para pelaku usaha guna mempercepat pengembangan usaha dan memperkuat daya saing jasa logistik nasional.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto mengatakan, para pelaku usaha di sektor logistik, perkapalan dan pelayaran menyambut baik Paket Kebijakan XV tersebut, dengan harapan agar beyond cabotage bisa cepat terwujud.

"Muatan-muatan batubara dan kelapa sawit yang diekspor sekarang harus menggunakan kapal berbendera Indonesia. Demikian juga kalau kita mengimpor beras dan bahan pokok, menggunakan kapal Indonesia," ungkap Carmelita Hartoto di Jakarta senin malam (19/6/2017).

Disisi lain, Carmelita menyambut baik pemberian insentif pajak 0 persen bagi 115 komponen kapal untuk industri galangan kapal. "Hal ini akan membuat harga produk dan layanan galangan kapal menjadi efisien," terangnya.

"kami berharap galangan kapal tidak hanya terkonsentrasi bisnisnya di Indonesia bagian barat. Sebaiknya galangan kapal juga dibangun di Indonesia bagian timur sehingga kapal-kapal di timur yang memerlukan perawatan tidak harus ke barat dulu," ucapnya.

Terkaitdihapuskannya modal dasar bagi keagenan kapal, Carmelita berharap agar Kementerian Perhubungan segera membuat turunan dari keputusan ini.

"Jangan sampai pihak-pihak yang tidak kompeten lalu menjadi agen kapal. Kalau ada masalah, mereka tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:50 WIB

Quarish Shihab Isi Khutbah Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta

Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan mantan Menteri Agama Quraish Shihab akan mengisi khutbah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah/2017 Masehi…

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: IST)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:41 WIB

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1438H Minggu 25 Juni 2017

Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan, bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 25 Juni 2017.

Setya Novanto

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:31 WIB

Setya Novanto Prihatin Teror di Masjid Haram Mekkah Arab Saudi

Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan prihatin atas percobaan serangan teror bom bunuh diri yang akan menyerang Masjidil Haram di Kota Makkah Arab Saudi.

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:28 WIB

Presiden Jokowi akan Rayakan Idul Fitri Jakarta

Presiden Joko Widodo akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah di Kota Jakarta. Pada malam takbiran Jokowi mengaku dirinya akan berada di Istana Bogor.

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 15:21 WIB

Masjid Istiqlal Jakarta Terima Zakat Fitrah Rp400 Juta

Masjid Istiqlal, Jakarta telah menerima zakat fitrah pemberi zakat (muzaki) sebesar Rp400 juta dalam bentuk uang dan angka tersebut akan dapat bertambah seiring aktivitas gerai zakat yang masih…