Jelang Lebaran, Presiden Jokowi Minta TNI Dukung Polri Jaga Kamtibmas

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Juni 2017 - 03:49 WIB

Presiden Jokowi saat berikan sambutan pada buka puasa bersama Prajurit dan PNS Mabes TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/6) petang. (Foto: Humas/Oji).
Presiden Jokowi saat berikan sambutan pada buka puasa bersama Prajurit dan PNS Mabes TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/6) petang. (Foto: Humas/Oji).

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta TNI membantu polisi melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Menjelang mementum Hari Raya Idul Fitri sekarang ini saya minta TNI memberi dukungan penuh kepada Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Jokowi ketika memberi sambutan saat buka puasa bersama prajurit TNI dan PNS Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin (19/6/2017)

Presiden dalam acara yang juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla mengatakan masyarakat menunggu hasil kerja nyata TNI.

"Terus tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme kerja kita," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengungkapkan bahwa Senin sore, dirinya mengecek gaji ke-14 apakah sudah diterima atau belum.

"Tadi saya ingin memastikan apakah gaji 14 itu sudah diterima atau belum, ternyata baru 56 persen yang menerima, sisanya 44 persen maksimal besok, saya kira belum terlambat," ujarnya seperti dilansir Antara.

Presiden juga menilai meskipun sudah minggu terakhir bulan Ramadhan, ia melihat seluruh perwira tinggi dan prajurit TNI tetap semangat berpuasa.

"Di bulan yang suci ini, kita berkesempatan meningkatkan ibadah kita, bukan hanya 'habluminallah', tapi juga dalam 'hablum minanas'," katanya.

Menurut Jokowi, sebagai abdi negara dan prajurit, semua mempunyai tanggung jawab besar terhadap bangsa dan negara.

"Pesan Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa TNI milik nasional yang selalu utuh dan tidak berubah, yaitu tidak berubah dalam menjaga NKRI, dalam merawat Pancasila serta menguatkan persatuan dalam kebhinekaan," tuturnya.

Jokowi menyebutkan tantangan ke depan semakin kompleks, banyak tantangan baru bermunculan, baik yang terlihat maupun tidak, dalam dunia nyata maupun digital.

"Penyebaran paham terorisme dan rongrongan terhadap ideologi negara harus dihentikan, jangan sampai mereka memakan korban lagi, saya harap TNI menumbuhkembangkan mental bela negara, mental persatuan kita," ujarnya, menegaskan.

Ia menyebutkan TNI dan rakyat sepeti air dan ikan, tidak bisa dipisahkan.

"Karena itu buatlah tenteram hati rakyat, pupuk toleransi antarumat beragama, pupuk persatuan dan kesatuan kita," kata Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.