PKE ke-15 Diharapkan Dapat Antisipasi Tingginya Suku Bunga dan Pungutan Pajak

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 19 Juni 2017 - 18:19 WIB

Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)
Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pengusaha sektor pelayaran berharap Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) ke-15 yang baru dirilis pemerintah dapat mengantisipasi tingginya bunga bank dan banyaknya pungutan pajak di sektor pelayaran.

“Suku bunga bank di sini masih tinggi, sedangkan negara lain rendah. Demikian pula, kita di dalam negeri masih dikenakan PPN BBM sedangkan di negara lain sudah tidak dikenakan pajak semacam itu,” ujar Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA), di Jakarta, Senin (19/06/2017).

Carmelita memberikan apresiasi terhadap penerbitan PKE ke-15 yang dilakukan pemerintah berlakangan ini. Kendati demikian, Carmelita masih meragukan masalah yang masih mengganjal di sektor logistik dan transportasi akan dapat selesai dalam waktu singkat.

Menurut Carmelita, penurunan biaya logistik membutuhkan komitmen pemerintah dan para stakeholder untuk menjalankan berbagai aturan yang terdapat dalam PKE ke-15. Itu bertujuan agar penurunan biaya logistik tersebut dapat tercapai.

Carmelita mengemukakan, penerbitan PKE ke-15 ini bertujuan agar sektor logistik dan sektor pelayaran dapat segera bangkit dari keterpurukan di tengah persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini.

“Untuk itu, kami berharap ke depan, suku bunga pinjaman dapat ditekan menjadi lebih rendah untuk meningkatkan daya saing industri yang lebih baik,” pungkasnya. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 16:30 WIB

TEI 2018 Targetkan Transaksi 1,5 Miliar Dolar

Ajang pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 menargetkan total transaksi sebesar 1,5 mliar dolar Amerika Serikat (AS), dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia…