PKE ke-15 Diharapkan Dapat Antisipasi Tingginya Suku Bunga dan Pungutan Pajak

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 19 Juni 2017 - 18:19 WIB

Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)
Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pengusaha sektor pelayaran berharap Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) ke-15 yang baru dirilis pemerintah dapat mengantisipasi tingginya bunga bank dan banyaknya pungutan pajak di sektor pelayaran.

“Suku bunga bank di sini masih tinggi, sedangkan negara lain rendah. Demikian pula, kita di dalam negeri masih dikenakan PPN BBM sedangkan di negara lain sudah tidak dikenakan pajak semacam itu,” ujar Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA), di Jakarta, Senin (19/06/2017).

Carmelita memberikan apresiasi terhadap penerbitan PKE ke-15 yang dilakukan pemerintah berlakangan ini. Kendati demikian, Carmelita masih meragukan masalah yang masih mengganjal di sektor logistik dan transportasi akan dapat selesai dalam waktu singkat.

Menurut Carmelita, penurunan biaya logistik membutuhkan komitmen pemerintah dan para stakeholder untuk menjalankan berbagai aturan yang terdapat dalam PKE ke-15. Itu bertujuan agar penurunan biaya logistik tersebut dapat tercapai.

Carmelita mengemukakan, penerbitan PKE ke-15 ini bertujuan agar sektor logistik dan sektor pelayaran dapat segera bangkit dari keterpurukan di tengah persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini.

“Untuk itu, kami berharap ke depan, suku bunga pinjaman dapat ditekan menjadi lebih rendah untuk meningkatkan daya saing industri yang lebih baik,” pungkasnya. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:00 WIB

Sriwijaya Air Tahun Ini, Fasilitasi Wisatawan ke Indonesia Kawasan Timur

Permudah akses ke Kawasan Indonesia Timur, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group memfasilitasi wisatawan terbang ke destinasi wisata di Timur Indonesia pada tahun 2018 ini.

Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 13:38 WIB

Didoakan Ratusan Ibu-Ibu, Kang Hasan Ingin Rakyat Jabar Mapan

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin-Anton Charliyan atau Hasanuddin-Anton Amanah (Hasanah) mendapatkan doa dari ratusan ibu-ibu di Desa Paseh Kaler, Kecamatan…