PKE ke-15 Diharapkan Dapat Antisipasi Tingginya Suku Bunga dan Pungutan Pajak

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 19 Juni 2017 - 18:19 WIB

Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)
Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pengusaha sektor pelayaran berharap Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) ke-15 yang baru dirilis pemerintah dapat mengantisipasi tingginya bunga bank dan banyaknya pungutan pajak di sektor pelayaran.

“Suku bunga bank di sini masih tinggi, sedangkan negara lain rendah. Demikian pula, kita di dalam negeri masih dikenakan PPN BBM sedangkan di negara lain sudah tidak dikenakan pajak semacam itu,” ujar Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA), di Jakarta, Senin (19/06/2017).

Carmelita memberikan apresiasi terhadap penerbitan PKE ke-15 yang dilakukan pemerintah berlakangan ini. Kendati demikian, Carmelita masih meragukan masalah yang masih mengganjal di sektor logistik dan transportasi akan dapat selesai dalam waktu singkat.

Menurut Carmelita, penurunan biaya logistik membutuhkan komitmen pemerintah dan para stakeholder untuk menjalankan berbagai aturan yang terdapat dalam PKE ke-15. Itu bertujuan agar penurunan biaya logistik tersebut dapat tercapai.

Carmelita mengemukakan, penerbitan PKE ke-15 ini bertujuan agar sektor logistik dan sektor pelayaran dapat segera bangkit dari keterpurukan di tengah persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini.

“Untuk itu, kami berharap ke depan, suku bunga pinjaman dapat ditekan menjadi lebih rendah untuk meningkatkan daya saing industri yang lebih baik,” pungkasnya. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:50 WIB

Quarish Shihab Isi Khutbah Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta

Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan mantan Menteri Agama Quraish Shihab akan mengisi khutbah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah/2017 Masehi…

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: IST)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:41 WIB

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1438H Minggu 25 Juni 2017

Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan, bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 25 Juni 2017.

Setya Novanto

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:31 WIB

Setya Novanto Prihatin Teror di Masjid Haram Mekkah Arab Saudi

Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan prihatin atas percobaan serangan teror bom bunuh diri yang akan menyerang Masjidil Haram di Kota Makkah Arab Saudi.

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:28 WIB

Presiden Jokowi akan Rayakan Idul Fitri Jakarta

Presiden Joko Widodo akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah di Kota Jakarta. Pada malam takbiran Jokowi mengaku dirinya akan berada di Istana Bogor.

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 15:21 WIB

Masjid Istiqlal Jakarta Terima Zakat Fitrah Rp400 Juta

Masjid Istiqlal, Jakarta telah menerima zakat fitrah pemberi zakat (muzaki) sebesar Rp400 juta dalam bentuk uang dan angka tersebut akan dapat bertambah seiring aktivitas gerai zakat yang masih…