Generasi Millennial Rata-Rata Menabung di Usia 27

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Juni 2017 - 15:11 WIB

Ilustrasi penukaran uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)
Ilustrasi penukaran uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Generasi muda kini mulai sadar menabung demi masa depannya. Berdasarkan laporan terbaru HSBC bertajuk ‘The Future of Retirement, Shifting Sands’, sebanyak 58% generasi millennial mulai menabung untuk persiapan pensiun di usia 26 tahun.

Untuk persiapan menabung, kaum millennial Indonesia terlambat satu tahun. Rata-rata millennial Indonesia mulai menabung di usia 27.

Sepertinya, kaum millennial juga terlihat lebih berani mengambil risiko dalam berinvestasi. Sebanyak 39% millennial sangat tertarik untuk mengambil investasi berisiko untuk menjamin kondisi finansial mereka stabil. Bandingkan dengan keberanian Generasi X (33%) dan Baby Boomers (22%).

Sebanyak 65% millennial siap untuk memangkas biaya pengeluaran demi menambah tabungan (Generasi X 59%, Baby Boomers 54%), sementara 61% menyatakan sangat aktif mencari informasi yang bermanfaat untuk memantapkan keputusan finansialnya (Generasi X 56%, Baby Boomers 50%).

Satu di antara dua (51%) millennial aktif ‘memutar uangnya’ guna mendapatkan keuntungan optimal (Generasi X 45%, Baby Boomers 39%). Bahkan survei ini menunjukkan bahwa Indonesia menduduki posisi tertinggi ketiga setelah China dan India dalam aktivitas pemutaran uang untuk tingkat pengembalian investasi maksimal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghibur para pengungsi Erupsi Gunung Agung di Lapangan Desa Ulakan, Kabupaten Karangasem, Selasa (26/9) sore. (Foto: Humas/Jay

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:39 WIB

Gunung Agung Bali Gempa Vulkanik 25.000 Kali

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat total gempa vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, sejak level waspada hingga level IV Awas saat ini sudah mencapai…

B. Braun Berikan Penyuluhan Kesehatan di Desa Kalihurip (Foto Ridwan)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:33 WIB

B. Braun Berikan Penyuluhan Kesehatan di Karawang

B. Braun terus lanjutkan komitmennya untuk melindungi dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dunia.

Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta NTB (20/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:18 WIB

Pemerintahan Presiden Jokowi-JK Berhasil Bangun Industri Pariwisata

Selama tiga tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah berhasil membangun industri pariwisata.

Ilustrasi Kedelai (Foto Ist)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:57 WIB

Bea Masuk Impor Kedelai Sebaiknya Dihapuskan

Lembaga Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyatakan kebijakan bea masuk impor kedelai sebaiknya tetap dibebaskan karena memudahkan konsumen dan kalangan industri kecil di Tanah Air.…

PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS (Foto Ist)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:48 WIB

PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS

PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membantu pembangunan sejumlah rumah ibadah, pengadaan sumber air bersih berupa pompa…