Generasi Millennial Rata-Rata Menabung di Usia 27

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Juni 2017 - 15:11 WIB

Ilustrasi penukaran uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)
Ilustrasi penukaran uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Generasi muda kini mulai sadar menabung demi masa depannya. Berdasarkan laporan terbaru HSBC bertajuk ‘The Future of Retirement, Shifting Sands’, sebanyak 58% generasi millennial mulai menabung untuk persiapan pensiun di usia 26 tahun.

Untuk persiapan menabung, kaum millennial Indonesia terlambat satu tahun. Rata-rata millennial Indonesia mulai menabung di usia 27.

Sepertinya, kaum millennial juga terlihat lebih berani mengambil risiko dalam berinvestasi. Sebanyak 39% millennial sangat tertarik untuk mengambil investasi berisiko untuk menjamin kondisi finansial mereka stabil. Bandingkan dengan keberanian Generasi X (33%) dan Baby Boomers (22%).

Sebanyak 65% millennial siap untuk memangkas biaya pengeluaran demi menambah tabungan (Generasi X 59%, Baby Boomers 54%), sementara 61% menyatakan sangat aktif mencari informasi yang bermanfaat untuk memantapkan keputusan finansialnya (Generasi X 56%, Baby Boomers 50%).

Satu di antara dua (51%) millennial aktif ‘memutar uangnya’ guna mendapatkan keuntungan optimal (Generasi X 45%, Baby Boomers 39%). Bahkan survei ini menunjukkan bahwa Indonesia menduduki posisi tertinggi ketiga setelah China dan India dalam aktivitas pemutaran uang untuk tingkat pengembalian investasi maksimal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BPS Suhariyanto (Foto Ridwan)

Jumat, 15 Desember 2017 - 21:27 WIB

BPS Siap Rekam Data Pelaku E-Commerce

Badan Pusat Statistik (BPS) siap untuk melakukan perekaman data para pelaku perdagangan secara elektronik (e-commerce) agar dapat menjadi acuan pemerintah dalam mengambil keputusan terkait pengembangan…

Dubes Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi bersama Delegasi PWI (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:34 WIB

Di Seoul Korsel, Dubes Umar Hadi Apresiasi Diplomasi Kopi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Diplomasi kopi yang sedang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disambut baik Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi

Letjen Purn. Kiky Syanahkri bersama Putut Prabantoro di kantor PPAD (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:12 WIB

Perkuat NKRI, Pemerintah Diminta Segera Laksanakan Ekonomi Terintegrasi

Pemerintah diminta segera integrasikan pembangunan ekonomi nasional dalam konsep Indonesia Raya Incorporated (IRI) untuk memperkuat ikatan NKRI dan ketahanan nasional.

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Sambut Hari Ibu, Kecap ABC Beri Apresiasi Lewat 36 Ribu Hidangan Masakan (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 18:52 WIB

2018 Industri Mamin Semakin Kompetitif

Memasuki tahun 2018, pelaku industri termasuk industri makanan dan minuman di Indonesia semakin kompetitif dan semakin challenging (menantang). Hal ini diungkapkan oleh Dhiren Amin, selaku Marekting…