Generasi Millennial Rata-Rata Menabung di Usia 27

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Juni 2017 - 15:11 WIB

Ilustrasi penukaran uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)
Ilustrasi penukaran uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Generasi muda kini mulai sadar menabung demi masa depannya. Berdasarkan laporan terbaru HSBC bertajuk ‘The Future of Retirement, Shifting Sands’, sebanyak 58% generasi millennial mulai menabung untuk persiapan pensiun di usia 26 tahun.

Untuk persiapan menabung, kaum millennial Indonesia terlambat satu tahun. Rata-rata millennial Indonesia mulai menabung di usia 27.

Sepertinya, kaum millennial juga terlihat lebih berani mengambil risiko dalam berinvestasi. Sebanyak 39% millennial sangat tertarik untuk mengambil investasi berisiko untuk menjamin kondisi finansial mereka stabil. Bandingkan dengan keberanian Generasi X (33%) dan Baby Boomers (22%).

Sebanyak 65% millennial siap untuk memangkas biaya pengeluaran demi menambah tabungan (Generasi X 59%, Baby Boomers 54%), sementara 61% menyatakan sangat aktif mencari informasi yang bermanfaat untuk memantapkan keputusan finansialnya (Generasi X 56%, Baby Boomers 50%).

Satu di antara dua (51%) millennial aktif ‘memutar uangnya’ guna mendapatkan keuntungan optimal (Generasi X 45%, Baby Boomers 39%). Bahkan survei ini menunjukkan bahwa Indonesia menduduki posisi tertinggi ketiga setelah China dan India dalam aktivitas pemutaran uang untuk tingkat pengembalian investasi maksimal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.