Kominfo Siagakan 300 BTS Mobile Pantau Titik Rawan Kemacetan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Juni 2017 - 14:34 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sebanyak 300 Base Transceiver Station (BTS) mobile disiagakan untuk mengantisipasi titik rawan kemacetan arus mudik lebaran.

"BTS mobile berbentuk mini truk dan dilengkapi tower dan antena. Total ada 300 BTS mobile yang dikerahkan dari operator gabungan. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 200 BTS mobil,” kata Menkominfo Rudiantara kepada awak media, Senin (19/6/2017)

BTS Mobile nantinya ditempatkan di beberapa titik jalur mudik, juga di tempat yang tidak coverage. Pemeritah memprioritaskan penempatan BTS mobil di Pulau Jawa.

"Kalau di luar Jawa praktis tidak terlalu banyak," kata Rudiantara.

Meski demikian, Rudi memastikan meski pihaknya menurunkan BTS mobile di beberapa jalur mudik, bukan berarti wilayah tersebut bebas blank spot.

"Blank spot ada saja kalau saya katakan sudah pasti blank spot kecil. Yang penting bagi kami kapasitas," kata Rudi.

Selain mengantisipasi jalur komunikasi, Kominfo juga menyiapkan aplikasi Ayo Mudik. Aplikasi berbasis google map ini dapat membaca jarak tempuh dan waktu perjalanan.

"Jadi bisa tahu jaraknya berapa menit sampainya dan sebagainya. apakah itu pos polisi, pos kesehatan, ATM, pom bensin, masjid, dan sebagainya,"  jelas Rudi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.