Kominfo Siagakan 300 BTS Mobile Pantau Titik Rawan Kemacetan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Juni 2017 - 14:34 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sebanyak 300 Base Transceiver Station (BTS) mobile disiagakan untuk mengantisipasi titik rawan kemacetan arus mudik lebaran.

"BTS mobile berbentuk mini truk dan dilengkapi tower dan antena. Total ada 300 BTS mobile yang dikerahkan dari operator gabungan. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 200 BTS mobil,” kata Menkominfo Rudiantara kepada awak media, Senin (19/6/2017)

BTS Mobile nantinya ditempatkan di beberapa titik jalur mudik, juga di tempat yang tidak coverage. Pemeritah memprioritaskan penempatan BTS mobil di Pulau Jawa.

"Kalau di luar Jawa praktis tidak terlalu banyak," kata Rudiantara.

Meski demikian, Rudi memastikan meski pihaknya menurunkan BTS mobile di beberapa jalur mudik, bukan berarti wilayah tersebut bebas blank spot.

"Blank spot ada saja kalau saya katakan sudah pasti blank spot kecil. Yang penting bagi kami kapasitas," kata Rudi.

Selain mengantisipasi jalur komunikasi, Kominfo juga menyiapkan aplikasi Ayo Mudik. Aplikasi berbasis google map ini dapat membaca jarak tempuh dan waktu perjalanan.

"Jadi bisa tahu jaraknya berapa menit sampainya dan sebagainya. apakah itu pos polisi, pos kesehatan, ATM, pom bensin, masjid, dan sebagainya,"  jelas Rudi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:50 WIB

Quarish Shihab Isi Khutbah Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta

Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan mantan Menteri Agama Quraish Shihab akan mengisi khutbah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah/2017 Masehi…

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: IST)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:41 WIB

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1438H Minggu 25 Juni 2017

Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan, bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 25 Juni 2017.

Setya Novanto

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:31 WIB

Setya Novanto Prihatin Teror di Masjid Haram Mekkah Arab Saudi

Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan prihatin atas percobaan serangan teror bom bunuh diri yang akan menyerang Masjidil Haram di Kota Makkah Arab Saudi.

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:28 WIB

Presiden Jokowi akan Rayakan Idul Fitri Jakarta

Presiden Joko Widodo akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah di Kota Jakarta. Pada malam takbiran Jokowi mengaku dirinya akan berada di Istana Bogor.

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juni 2017 - 15:21 WIB

Masjid Istiqlal Jakarta Terima Zakat Fitrah Rp400 Juta

Masjid Istiqlal, Jakarta telah menerima zakat fitrah pemberi zakat (muzaki) sebesar Rp400 juta dalam bentuk uang dan angka tersebut akan dapat bertambah seiring aktivitas gerai zakat yang masih…