H-7 Lebaran, Jalan Tol Batang-Semarang Sudah Mulai Difungsikan

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 Juni 2017 - 14:20 WIB

Ilustrasi Jalan Tol (ist)
Ilustrasi Jalan Tol (ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Jalan Tol Batang-Semarang diperkirakan sudah bisa berfungsi mulai H-7 lebaran 2017. Tol yag dibangun oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) mulai dari Kandeman hingga Ngalian ini dibagi dalam 5 seksi.

Seksi 1 memiliki panjang 3.2 Km atau tepatnya mulai dari Kandeman hingga Simpang Susun (SS) Tulis. Seksi 2 hingga perbatasan Kabupaten Batang dan Kendal, sepanjang 36.1 Km. Seksi 3 dibangun sepanjang 11 Km yakni hingga menyentuh SS Kendal.

Sedangkan Seksi 4 sepanjang 13,8 Km hingga SS Kaliwungu dan Seksi 5 sepanjang 10,1 Km hingga Ngalian. Kelima seksi ini diproyeksikan akan dioperasikan pada kuartal keempat tahun 2018.

Direktur Utama PT JSB, Saut Simatupang menjelaskan, dari 5 seksi yang dibangun PT JSB, 2 seksi diantaranya yaitu seksi 1 dan seksi 2 dapat digunakan untuk jalur tol fungsional. Sementara mulai dari Batang hingga wilayah Gringsing yang langsung dialihkan ke jalur Pantura.

"Kita membuat jalur fungsional sementara ini sesuai dengan progres pengadaan tanah. Jalur fungsional sementara yang sudah disiapkan saat ini mulai dari Batang hingga Gringsing yakni pertemuan antara jalur fungsional dan Pantura yang mana pemudik bisa keluar di Gringsing kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantura," ujar Saut melalui keterangan tertulis, Minggu (18/6/2017).

Saut menjelaskan, pada jalur fungsional sementara ini akan tersedia dua rest area yang juga bersifat fungsional yakni pada Km 381+400, Km 391+100, Km 402+700 dan Km 409+400. Rest Area tersebut menyediakan fasilitas seperti toilet, mushola, dan penjualan bbm dalam kemasan, serta bantuan kesehatan.

Jasa Marga berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan melalui optimalisasi pelayanan disepanjang jalan tol Jasa Marga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur BI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:56 WIB

BI: Bunga Acuan Ditahan Tidak Picu Outflow

Bank Indonesia meyakini modal asing yang masuk ke domestik tidak akan lari ke negara maju (outflow) secara signifikan, meskipun bunga acuan Bank Sentral ditahan pada 4,25 persen, sementara negara…

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.