Bakal Kangen! Ini 5 Santapan Wajib Saat Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 19 Juni 2017 - 13:42 WIB

Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)
Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Lebaran sebentar lagi... wah bait lagu itu mulai terngiang-ngiang pastinya di dalam hati Anda. Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari ini, semua umat Muslim di duniapun merayakannya dengan gembira. Berbicara tentang lebaran, pastinya ada hal yang istimewa yaitu kumpul keluarga, bermaaf-maafan, tawa canda, dan pastinya kuliner yang membuat Anda kangen karena kemungkinan kuliner ini hanya ada saat Lebaran saja.

Yuk intip, ini 5 Makanan wajib pada saat Lebaran:

1. Ketupat

Walaupun ketupat bisa kita jumpai dimakanan-makanan tertentu, ketupat pastinya tidak ketinggal disantap saat Lebaran.

Bahkan ada filosofi dibalik ketupat dan makna Lebaran. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, dan hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan,  arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Rendang, Opor Ayam, Sambal Goreng Ati, Sayur Pepaya, dan Semur Daging

Kelima makanan ini, pasti semua sudah tidak asing lagi, pasti disetiap rumah menyediakan makanan khas Lebaran ini. Anda bisa mencicipinya dengan kerupuk, sambal dan pastinya dengan ketupat. Wah.. sudah tidak sabar untuk mencicipinya!

3. Kue Nastar, Kue Puteri Salju dan Kue Kastangel

Ketiga kue tersebut, merupakan kue kering khas yang sangat langka, karena hanya ada saat Lebaran saja. Menjelenga Lebaran, semua pembuat kue atau ibu-ibu sudah membuat ketiga kue kering tersebut.

4. Kacang Goreng

Walaupun sudah sering dimakan tiap hari, tetapi momen saat Lebaran lah yang paling ciamik makan kacang goreng. Kacang tersebut diolah digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

5. Astor dan Kue Kaleng

Jajanan yang satu ini, dari anak remaja, orang dewasa hingga orang tuapun sangat menyukai jajanan ini. Rasanya yang manis dan renyah dan dengan berbagai rasa  menjadi salah satu makanan favorit saat Lebaran selain kue kering.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur BI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:56 WIB

BI: Bunga Acuan Ditahan Tidak Picu Outflow

Bank Indonesia meyakini modal asing yang masuk ke domestik tidak akan lari ke negara maju (outflow) secara signifikan, meskipun bunga acuan Bank Sentral ditahan pada 4,25 persen, sementara negara…

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.