Bakal Kangen! Ini 5 Santapan Wajib Saat Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 19 Juni 2017 - 13:42 WIB

Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)
Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Lebaran sebentar lagi... wah bait lagu itu mulai terngiang-ngiang pastinya di dalam hati Anda. Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari ini, semua umat Muslim di duniapun merayakannya dengan gembira. Berbicara tentang lebaran, pastinya ada hal yang istimewa yaitu kumpul keluarga, bermaaf-maafan, tawa canda, dan pastinya kuliner yang membuat Anda kangen karena kemungkinan kuliner ini hanya ada saat Lebaran saja.

Yuk intip, ini 5 Makanan wajib pada saat Lebaran:

1. Ketupat

Walaupun ketupat bisa kita jumpai dimakanan-makanan tertentu, ketupat pastinya tidak ketinggal disantap saat Lebaran.

Bahkan ada filosofi dibalik ketupat dan makna Lebaran. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, dan hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan,  arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Rendang, Opor Ayam, Sambal Goreng Ati, Sayur Pepaya, dan Semur Daging

Kelima makanan ini, pasti semua sudah tidak asing lagi, pasti disetiap rumah menyediakan makanan khas Lebaran ini. Anda bisa mencicipinya dengan kerupuk, sambal dan pastinya dengan ketupat. Wah.. sudah tidak sabar untuk mencicipinya!

3. Kue Nastar, Kue Puteri Salju dan Kue Kastangel

Ketiga kue tersebut, merupakan kue kering khas yang sangat langka, karena hanya ada saat Lebaran saja. Menjelenga Lebaran, semua pembuat kue atau ibu-ibu sudah membuat ketiga kue kering tersebut.

4. Kacang Goreng

Walaupun sudah sering dimakan tiap hari, tetapi momen saat Lebaran lah yang paling ciamik makan kacang goreng. Kacang tersebut diolah digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

5. Astor dan Kue Kaleng

Jajanan yang satu ini, dari anak remaja, orang dewasa hingga orang tuapun sangat menyukai jajanan ini. Rasanya yang manis dan renyah dan dengan berbagai rasa  menjadi salah satu makanan favorit saat Lebaran selain kue kering.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dalam sambutannya saat Rembuk Nasional 2017 (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:51 WIB

Kebanyakan Regulai Menumpuk Hambat Kecepatan Pembangunan

Presiden Joko Widodo menjelaskan kebanyakan regulasi yang bertumpuk memiliki potensi tumpang tindih sehingga rentan menghambat kecepatan pembangunan Indonesia.

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:41 WIB

Upaya Pemberantasan Korupsi Bisa Dimulai dari Internal Polri Secara Menyeluruh

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas meragukan kesiapan Polri terkait dengan rencana membentuk Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi.

Miryam S. Haryani. (Foto: IST)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:34 WIB

Anggota DPR Miryam S Haryani Dituntut 5 Tahun Penjara

Mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Hanura Miryam S Haryani dituntut 8 tahun penjara ditambah denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan karena dinilai terbukti melakukan tindak…

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:28 WIB

Kapolri Tito Klarifikasi Pemberitaan Soal Korban Pemerkosaan

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengadakan pertemuan dengan 18 organisasi aktivis pemerhati perempuan, didampingi oleh sejumlah pejabat Mabes Polri untuk melakukan klarifikasi atas sebuah…

Workshop Pengendalian dan Pengawasan Koperasi Bagi Aparatur Kabupaten/Kota di Jawa Timur, di Kota Batu, Malang, Senin (23/10).

Senin, 23 Oktober 2017 - 22:24 WIB

Pemerintah Awasi 12 Koperasi Bermasalah Ini

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM tengah mengawasi dan mewaspadai keberadaan 12 koperasi bermasalah dan melakukan praktik menyimpang.