Bakal Kangen! Ini 5 Santapan Wajib Saat Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 19 Juni 2017 - 13:42 WIB

Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)
Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Lebaran sebentar lagi... wah bait lagu itu mulai terngiang-ngiang pastinya di dalam hati Anda. Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari ini, semua umat Muslim di duniapun merayakannya dengan gembira. Berbicara tentang lebaran, pastinya ada hal yang istimewa yaitu kumpul keluarga, bermaaf-maafan, tawa canda, dan pastinya kuliner yang membuat Anda kangen karena kemungkinan kuliner ini hanya ada saat Lebaran saja.

Yuk intip, ini 5 Makanan wajib pada saat Lebaran:

1. Ketupat

Walaupun ketupat bisa kita jumpai dimakanan-makanan tertentu, ketupat pastinya tidak ketinggal disantap saat Lebaran.

Bahkan ada filosofi dibalik ketupat dan makna Lebaran. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, dan hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan,  arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Rendang, Opor Ayam, Sambal Goreng Ati, Sayur Pepaya, dan Semur Daging

Kelima makanan ini, pasti semua sudah tidak asing lagi, pasti disetiap rumah menyediakan makanan khas Lebaran ini. Anda bisa mencicipinya dengan kerupuk, sambal dan pastinya dengan ketupat. Wah.. sudah tidak sabar untuk mencicipinya!

3. Kue Nastar, Kue Puteri Salju dan Kue Kastangel

Ketiga kue tersebut, merupakan kue kering khas yang sangat langka, karena hanya ada saat Lebaran saja. Menjelenga Lebaran, semua pembuat kue atau ibu-ibu sudah membuat ketiga kue kering tersebut.

4. Kacang Goreng

Walaupun sudah sering dimakan tiap hari, tetapi momen saat Lebaran lah yang paling ciamik makan kacang goreng. Kacang tersebut diolah digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

5. Astor dan Kue Kaleng

Jajanan yang satu ini, dari anak remaja, orang dewasa hingga orang tuapun sangat menyukai jajanan ini. Rasanya yang manis dan renyah dan dengan berbagai rasa  menjadi salah satu makanan favorit saat Lebaran selain kue kering.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 13:38 WIB

Didoakan Ratusan Ibu-Ibu, Kang Hasan Ingin Rakyat Jabar Mapan

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin-Anton Charliyan atau Hasanuddin-Anton Amanah (Hasanah) mendapatkan doa dari ratusan ibu-ibu di Desa Paseh Kaler, Kecamatan…

Bank Bukopin Syariah (dok - bukopin)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 13:30 WIB

Pertumbuhan Perbankan Syariah Tertatih-Tatih Sepanjang 2017

Pengamat ekonomi syariah menilai sepanjang 2017, perbankan syariah masih berjalan terseok-seok. Padahal regulator telah mendukung pertumbuhan keuangan syariah.