Bakal Kangen! Ini 5 Santapan Wajib Saat Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 19 Juni 2017 - 13:42 WIB

Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)
Makanan Khas Indonesia, Rendang (Foto:Instagram/mamadees_kitchen)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Lebaran sebentar lagi... wah bait lagu itu mulai terngiang-ngiang pastinya di dalam hati Anda. Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari ini, semua umat Muslim di duniapun merayakannya dengan gembira. Berbicara tentang lebaran, pastinya ada hal yang istimewa yaitu kumpul keluarga, bermaaf-maafan, tawa canda, dan pastinya kuliner yang membuat Anda kangen karena kemungkinan kuliner ini hanya ada saat Lebaran saja.

Yuk intip, ini 5 Makanan wajib pada saat Lebaran:

1. Ketupat

Walaupun ketupat bisa kita jumpai dimakanan-makanan tertentu, ketupat pastinya tidak ketinggal disantap saat Lebaran.

Bahkan ada filosofi dibalik ketupat dan makna Lebaran. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, dan hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan,  arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Rendang, Opor Ayam, Sambal Goreng Ati, Sayur Pepaya, dan Semur Daging

Kelima makanan ini, pasti semua sudah tidak asing lagi, pasti disetiap rumah menyediakan makanan khas Lebaran ini. Anda bisa mencicipinya dengan kerupuk, sambal dan pastinya dengan ketupat. Wah.. sudah tidak sabar untuk mencicipinya!

3. Kue Nastar, Kue Puteri Salju dan Kue Kastangel

Ketiga kue tersebut, merupakan kue kering khas yang sangat langka, karena hanya ada saat Lebaran saja. Menjelenga Lebaran, semua pembuat kue atau ibu-ibu sudah membuat ketiga kue kering tersebut.

4. Kacang Goreng

Walaupun sudah sering dimakan tiap hari, tetapi momen saat Lebaran lah yang paling ciamik makan kacang goreng. Kacang tersebut diolah digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

5. Astor dan Kue Kaleng

Jajanan yang satu ini, dari anak remaja, orang dewasa hingga orang tuapun sangat menyukai jajanan ini. Rasanya yang manis dan renyah dan dengan berbagai rasa  menjadi salah satu makanan favorit saat Lebaran selain kue kering.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.