HCML Lakukan Sosialisai Pengembangan Lapangan MDA-MBH Sumenep

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 Juni 2017 - 13:28 WIB

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) melakukan Sosialisasi
Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) melakukan Sosialisasi

INDUSTRY.co.id , Surabaya - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) melakukan Sosialisasi Lanjutan Pengembangan Lapangan MDA MBH kepada sejumlah stakeholder terkait di kantor Dinas ESDM Provinsi Jatim, Kamis (15/6/2017).

"Sebenarnya kami sudah kontrak di lokasi ini pada 1982-2012 dan diperpanjang 20 tahun ke depan sejak 2012-2032. Jadi, sisa masa kontrak kurang 15 tahun. Kalau tidak segera produksi, nilai keekonomian akan hilang. Tahun ini adalah tahun berat untuk industri migas. Ini tantangan bagi kami. Meski belum produksi, kegiatan sosial ke masyarakat Sumenep sudah kami lakukan," kata Head of Relations HCML Hamim Tohari.

Sosialisasi tersebut dihadiri beberapa instansi terkait, di antaranya Kodam V/Brawijaya, Lantamal V/Surabaya, Dinas Perhubungan Jatim, Dinas Kominfo Jatim dan beberapa kelompok masyarakat (pokmas) dari Sumenep.

Penanggung jawab K3LL HCML Andreas Risbayu menambahkan, ada tiga blok yang akan dikembangkan, yakni lapangan MDA, MBH dan MDK. Tapi pada kali ini masih fokus mengerjakan blok MDA dan MBH. Lapangan itu berada di 200 km sebelah timur Surabaya atau 75 km sebelah tenggara Madura.

Kegiatan HCML saat ini adalah pengeboran dengan memasang platform menggunakan kapal berbendera Hongkong. Lokasi MDA-MBH berada di daerah latihan kapal selam TNI Angkatan Laut.

Setelah beroperasi, pihak HCML berjanji akan berpartisipasi langsung dalam program pengembangan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Pulau Sapudi. HCML juga meminta dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat Sapudi untuk kegiatan operasi hulu migas.

"Beberapa kegiatan yang kami lakukan dengan masyarakat sekitar lokasi di antaranya adalah memberi bantuan mobil ambulans, pemberdayaan petani rumput laut, dan nelayan," ungkapnya.

Diproyeksikan, hasil produksi dari MDA-MBH milik HCML tersebut nantinya akan disambungkan ke pipa Pertamina East Java Gas Pipeline (EJGP) ke Porong Sidoarjo yang berjarak kurang lebih 200 km dari lokasi pengeboran. (Hry/ bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 16:30 WIB

TEI 2018 Targetkan Transaksi 1,5 Miliar Dolar

Ajang pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 menargetkan total transaksi sebesar 1,5 mliar dolar Amerika Serikat (AS), dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia…

PT PAL Indonesia

Jumat, 20 April 2018 - 16:04 WIB

Senegal Akan Beli Kapal Tanker dan Kargo Dari PT PAL Indonesia

Selain itu, Senegal juga berminat membeli 2 kapal patroli ukuran 60 meter untuk mengawasi wilayah pesisirnya sepanjang 700 km.