KESDM: Pelanggan 900 VA Golongan Mampu Nikmati Subsidi Lebih Besar di Banding Masyarakat Tidak Mampu

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Juni 2017 - 12:10 WIB

Ilustrasi Listrik (ist)
Ilustrasi Listrik (ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut, sebelum dicabut, selama ini pelanggan 900 VA golongan mampu yang menikmati subsidi jauh lebih besar dibanding masyarakat tidak mampu.

Staf Khusus Menteri ESDM, Hadi Djuraid menjelaskan sebelumnya terdapat 46,3 juta pelanggan listrik yang disubsidi baik menggunakan 450 VA maupun 900 VA.

Dengan kebijakan subsidi tepat sasaran, jumlahnya menyusut menjadi 31 juta pelanggan listrik saja yang dapat menikmati subsidi atau berkurang 24%.

Hadi menerangkan, sejumlah 23,2 juta pelanggan 450 VA tetap disubsidi, sementara pelanggan 900 VA yang dianggap mampu dicabut subsidinya. Alhasil pelanggan listrik 900 VA yang masih disubsidi setrumnya bersisa 4,1 juta pelanggan.

"Dari 900 VA diteliti ulang dan diverifikasi ulang ada 4,1 juta pelanggan 900 VA yang masih layak untuk disubsidi," jelasnya di Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Sementara itu, Hadi menegaskan bila pelanggan listrik 450 VA untuk rumah tangga tidak mampu tetap mendapat subsidi dan pelanggan 900 VA yang berkategori tidak mampu juga tetap mendapat subsidi. Sedangkan selebihnya masuk ke tarif keekonomian.(Hry/ Hid)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.