Tahun Ini Tren Industri Periklanan Media Online Meningkat Pesat

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Juni 2017 - 10:52 WIB

Pengguna Smartphone (ist)
Pengguna Smartphone (ist)

INDUSTRY.co.id , Surabaya - Pergeseran budaya masyarakat akibat perkembangan teknologi informasi (TI) harus direspon cepat oleh pelaku industri, tidak terkecuali industri periklanan. Walaupun saat ini kontribusi iklan online masih kecil dibanding iklan media lainnya, tren kenaikannya cukup besar.

Untuk itu, Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jatim mulai melakukan sosialisasi periklanan melalui digital. Setidaknya, proses akan dilakukan tahun depan, untuk merangkul media online resmi dan berbadan hukum dalam pemasangan iklan.

"Itu lebih menguntungkan yang berbadan hukum. Artinya, ada tanggung jawab moral masing-masing. Kita sendiri tidak mau repot itu. Yang sudah jelas keberadaan dan kita mau yang resmi-resmi saja," kata Ketua Umum P3I Jatim, Haries Purwoko melalui keterangan tertulis, Jumat (16/6/2017).

Menurutnya, pihaknya akan memberikan pemahaman kepada anggotanya agar ketika memasang iklan sebaiknya kepada media yang berbadan hukum atau sudah terdaftar di PWI maupun di dewan pers.

"Kita akan menugasi ke anggota-anggota saya jangan pasang (iklan di media tidak terdaftar atau tidak berbadan hukum, red) di sini. Meski begitu, karena belum ada acuannya, saya harus melihat mana yang betul-betul bisa kita ajak bekerja sama," ujar Haries.

Sementara itu, Sekretaris Umum P3I Jatim, Agus Winoto mengatakan, keberadaan media yang berkembang pesat ini keberadaan dinilai menguntungkan. "P3I berkepentingan dengan media-media, semakin banyak lebih bagus. Artinya, kita lebih banyak memberi kesempatan untuk yang menyebarkan iklan kemana-mana," ujarnya.

Dan untuk mengetahui media online yang resmi maupun berbadan hukum, kata Agus, akan diserahkan kepada PWI Jatim untuk bekerjasama. Dimana, salah satu pengurus PWI Jatim, menjadi ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), yang baru saja dibentuk pada 17 Maret 2017, lalu.

Terkait belanja iklan tahun ini, Haries memperkirakan akan samakin membaik dan mengalami kenaikan sebesar 11% hingga 13%. Kenaikan tersebut dipicu oleh kian membaiknya perekonomian nasional.

Kinerja industri periklanan akan membaik karena pada kenyataannya belanja iklan tidak pernah mengalami penurunan dan selalu naik dikisaran 13%. Di tahun 2016 misalnya, belanja iklan secara nasional mencapai Rp 154 triliun, naik 14 hingga 17% dibanding tahun sebelumnya.

Sementara di tahun ini diperkirakan akan naim sekitar 10% hingga 11%. "Tidak ada sejarahnya belanja iklan itu turun," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…