Gelar Aksi Kemanuasiaan, Kementerian Pertanian Dukung Program ACT

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 18 Juni 2017 - 10:10 WIB

Kementerian Pertanian Dukung Misi Kemanusiaan ACT (IST)
Kementerian Pertanian Dukung Misi Kemanusiaan ACT (IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Tim ACT yang berkunjung untuk bersilaturahmi ke Kantor Kementerian Pertanian (Kementan) disambut hangat Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP bersama jajaran stafnya, pada Rabu siang (14/6/2017), di Kantor Kamentan Jakarta.

Dengan jumlah Tim 10 personel yang dipimpin oleh Senior Vice President ACT, Syuhelmaidi Syukur memperkenalkan Lembaga Kemanusiaan Global ACT dengan program-programnya.

Tim ACT melakukan presentasi melalui penayangan video dokumentasi ACT, Tim ACT menayangkan video Profil ACT serta program-programnya, diantaranya program Kapal kemanusiaan: Beras untuk Afrika, Lumbung Ternak Masyarakat/LTM dan Lumbung Pangan Masyarakat/LPM.    

Melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Jakarta, Sabtu (17/6/2017), Syuhelmaidi Syukur, Menteri Pertanian sangat mengapresiasi kegiatan ACT salah satunya Program Kapal Kemanusiaan bantuan beras untuk Afrika dan Yaman, yang sedang mengalami darurat kekeringan. Bahkan Pemerintah siap mendorong kerjasama lebih intens dengan negara Afrika tersebut khususnya Somalia.

“Insyaallah, kami akan segera menindaklanjuti respon positif dari Pak Menteri, banyak program-program kemanusiaan ACT yang ingin disinergikan dengan Kementerian Pertanian salah satunya Program Kapal Kemanusiaan, Program LTM, Program LPM, termasuk pemberdayaan masyarakat lewat pemanfaatan lahan wakaf ACT untuk ditanami benih jagung dan padi, yang akan disuport oleh Kementerian Pertanian,” ujarnya.

Andi Amran Sulaiman, sangat mendukung peran ACT dalam pemberdayaan para petani dan peternak melalui Program yang dijalankan ACT, melalui program LTM dan LPM. Menurutnya program yang digelar ACT satu visi dengan Kementan, untuk mensejahterakan serta melindungi para petani.    

“Kami ini sekarang tengah melawan para mafia pertanian, para mafia pertanian akan kami berantas! seperti saat ini, kami sedang memberantas mafia bawang yang meresahkan dan merugikan para petani dan masyarakat. Selain itu juga kami sedang  mengusahakan swasembada beras dan jagung, demi pemenuhan pangan warga Indonesia dan menjaga kesejahteraan para petani,” katanya.

Andi sangat bangga dengan misi kemanusiaan ACT  ke Somalia (Program Kapal Kemanusiaan, Beras untuk Afrika-red), yang ternyata membawa bendera Indonesia, misi ACT tersebut sangat mengharumkan nama Indonesia.

“Kami sangat mendukung program bantuan beras untuk Somalia, yang dilakukan  kawan-kawan ACT, kalau ada misi kemanusiaan ke luar negeri, undanglah kami. mari kita jalankan misi ini bersama-sama,”ujarnya.   

Menurut Syuhel banyak peluang kerjasama yang disampaikan Menteri Pertanian, termasuk untuk pertanian (padi dan jagung) dan peternakan dalam program LTM dan LPM.

“Khusus untuk Program Kapal Kemanusiaan, Menteri Pertanian siap untuk mensuport beras 5000 ton, untuk dikirim ke Somalia,”terangnya. Syuhel menambahkan secara khusus Menteri Pertanian, meminta Tim Media Sosial (medsos) ACT bisa bekerjasama untuk menggarap komunikasi di medsos.  

“Kami berharap Tim medsos ACT bisa membantu, Kementerian Pertanian dalam mensosialisasikan program-program kementerian pertanian,” pungkas Andi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…