Kejuaraan Nasional Cross Trilathon Pertama di KEK Tanjung Lesung

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 17 Juni 2017 - 12:56 WIB

Ilustrasi Tanjung Lesung
Ilustrasi Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Jakarta-KEK Tanjung Lesung Banten dijadwalkan September mendatang menyelenggarakan  kejuaraan nasional cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam.

Ajang wisata sport yang diberi nama Rhino Cross Trilathon (Rhino X-Tri)  akan diramaikan ratusan peserta dalam dan luar negeri. Event berskala internasional ini berlangsung pada 22-24 September 2017

Kepada awak media Event Director Rhino X-Tri, Tense Manalu Jumat (16/6/2017) menginformsikan,” Rhino X-Tri di Tanjung Lesung ini akan menjadi event bersejarah karena pertama kali dihelat di Indonesia. Saat ini para penggemar olahraga Road Trilathon tumbuh dengan pesat, namun untuk mengikuti kompetisi Cross Trilathon  mereka harus pergi ke luar negeri karena belum pernah ada penyelenggaraan kompetisi multisport ini di Indonesia.”

Para peserta, lanjut Tense Manalu ada tiga kelompok umur yang akan bertanding dalam ajang ini. Para peserta juga akan dibagi menjadi perorangan dan regu estafet. Rinciannya, kelompok Open untuk peserta berumur 20-39 tahun, Master untuk 40 tahun keatas serta Youth untuk yang berusia 13-19 tahun.

"Kawasan Tanjung Lesung menjadi venue yang sangat bagus dan menantang karena tersedianya berbagai trek dan lintasan yang diperlukan seperti trek perbukitan, pantai berpasir dan jalan tanah berlumpur.” ujar Tense menambahkan.

Selain Rhino X-Tri, Tanjung Lesung Festival juga menggelar ajang kejuaraan olahraga lainnya yaitu Mountain Bike Cross Country Marathon (atau disebut MTB XCM), dan Sunset Trail Run. Bukan cuma itu, para peserta juga dapat menikmati keindahan alam Tanjung Lesung di sela-sela mengikuti berbagai turnamen yang ada.

Dalam kesempatan itu juga Direktur Utama PT. Banten West Java (Pengelola kawasan Tanjung Lesung), Poernomo Siswoprasetijo menyampaikan, “Sport adalah salah satu daya tarik wisatawan mancanegara. Rhino Cross Triathlon sebagai event off-road triathlon pertama di Indonesia dihelat untuk mengundang wisatawan mancanegara dan domestik, khususnya penggemar olah raga triathlon dan berpartispasi di ajang yang begitu unik ini sekaligus menikmati bukan hanya keindahan alam Tanjung Lesung, namun juga keramah tamahan khas Banten dan budayanya yang begitu melegenda.”.

Industri Pariwisata Tanjung Lesung Segera Tersertifikasi

Seperti yang sering dihimbau oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Untuk para pelaku industri khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk berupaya agar sudah tersertifikasi. Khususnya, bagi salah satu kawasan 10 destinasi prioritas di Kawasana Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten.

Untuk itu, Tim Tanjung Lesung Pokja 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata sedang menyiapkan program untuk mensosialisasikan masalah sertifikasi terkait kepada lima bidang usaha pariwisata di KEK Tanjung Lesung, yakni akomodasi pariwisata, jasa penyedia makanan dan minuman, wisata tirta, jasa pramuwisata, serta agen perjalanan.

Menurut Person in Charge (PIC) Tanjung Lesung Pokja 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Ida Irawati, mengatakan program sosialisasi sertifikasi akan digelar pada 23-24 Mei mendatang. "Ini untuk mendukung layanan industri pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung dan Ujung Kulon,” ujar Ida kepada awak media belum lama ini..

Perkembangan amenitas di Tanjung Lesung tidak hanya untuk destinasi alam saja, Kemenpar juga akan mengarahkan ke destinasi wisata di Kabupaten Pandeglang, untuk memperkuat dalam usaha Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE)

Maka dari itu, Kemenpar akan menggelar sejumlah pelatihan bidang MICE. "Pesertanya berasal dari Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan para pelaku industri pariwisata setempat," sambung Ida.

Ida menambahkan, dengan adanya pertumbuhan amenitas di KEK Tanjung Lesung menunjukkan kemajuan yang signifikan. Misalnya, di sana sudah ada pembangunan Kalicaa Villa fase dua sudah memasuki tahap konstruksi, ada pula pembangunan Kampoeng Sawah dan Ladda Beach Village.

Selain itu, akan ada yacht club dan dive center. Untuk itu, pengelola KEK Tanjung Lesung sudah menggandeng Tim Percepatan Wisata Bahari Kemenpar dan Banten West Java Tourism Development. Tujuannya menurut Ida, untuk  mengoptimalkan konektivitas laut sesuai dengan KSPN Tanjung Lesung- Ujung Kulon dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…