Catat! Ini Waktu Terbaik dan Terburuk Untuk Berkendara Saat Mudik Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 17 Juni 2017 - 08:55 WIB

Ilustrasi Pengguna Kendaraan Bermotor (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Ilustrasi Pengguna Kendaraan Bermotor (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dalam menyambut mudik dan Lebaran, Waze merilis survei yang menunjukkan waktu terbaik dan terburuk untuk mudik di musim liburan. Hasil dari survei menunjukkan bahwa Selasa adalah hari terbaik untuk mengemudi, karena pada hari tersebut 27 persen lebih sedikit pengemudinya, dibandingkan hari Senin adalah hari terburuk untuk mengemudi, sekitar 21 persen lebih banyak yang mengemudi.
 
Survei yang dirilis oleh Waze menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu. Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat minggu sebelum dan empat minggu sesudah Lebaran.

Adapun beberapa survey telah dilakukan yakni,

1. waktu terbaik untuk bepergian yaitu :

- Jumlah pengemudi di hari Selasa 27 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya, dan hal ini berlaku sepanjang hari.
- Jumlah pengemudi di hari Sabtu 16 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya, tapi hal ini hanya berlaku untuk bepergian sebelum pukul 12 siang.
 
2. Waktu terburuk untuk bepergian yaitu :

- Jumlah pengemudi di hari Minggu 16 persen lebih banyak, mulai pukul 10:00 pagi hingga 22:00 malam.
- Jumlah pengemudi di hari Senin 21 persen lebih banyak, namun hanya bertahan selama empat jam, dari pukul 10:00 pagi hingga pukul 14:00 siang.

3. Temuan lainnya :

- Notifikasi gangguan perjalanan meningkat sebesar 65 persen
- Tingkat kecelakaan saat Ramadan meningkat sebesar 80 persen
- Kemacetan lalu lintas meningkat sebesar 64 persen
- Jumlah polisi di jalanan berkurang sebesar 19 persen
 
Saat musim libur, jam sibuk dimulai lebih awal, yakni sekitar pukul 10:00 pagi, dimana biasanya dimulai pukul 12:00 siang. Tingkat lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat, seperti Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Biasanya tingkat lalu lintas mulai menanjak sehari sebelum mudik Lebaran.

Survei yang dirilis oleh Waze menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 16:30 WIB

TEI 2018 Targetkan Transaksi 1,5 Miliar Dolar

Ajang pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 menargetkan total transaksi sebesar 1,5 mliar dolar Amerika Serikat (AS), dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia…