Catat! Ini Waktu Terbaik dan Terburuk Untuk Berkendara Saat Mudik Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 17 Juni 2017 - 08:55 WIB

Ilustrasi Pengguna Kendaraan Bermotor (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Ilustrasi Pengguna Kendaraan Bermotor (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dalam menyambut mudik dan Lebaran, Waze merilis survei yang menunjukkan waktu terbaik dan terburuk untuk mudik di musim liburan. Hasil dari survei menunjukkan bahwa Selasa adalah hari terbaik untuk mengemudi, karena pada hari tersebut 27 persen lebih sedikit pengemudinya, dibandingkan hari Senin adalah hari terburuk untuk mengemudi, sekitar 21 persen lebih banyak yang mengemudi.
 
Survei yang dirilis oleh Waze menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu. Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat minggu sebelum dan empat minggu sesudah Lebaran.

Adapun beberapa survey telah dilakukan yakni,

1. waktu terbaik untuk bepergian yaitu :

- Jumlah pengemudi di hari Selasa 27 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya, dan hal ini berlaku sepanjang hari.
- Jumlah pengemudi di hari Sabtu 16 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya, tapi hal ini hanya berlaku untuk bepergian sebelum pukul 12 siang.
 
2. Waktu terburuk untuk bepergian yaitu :

- Jumlah pengemudi di hari Minggu 16 persen lebih banyak, mulai pukul 10:00 pagi hingga 22:00 malam.
- Jumlah pengemudi di hari Senin 21 persen lebih banyak, namun hanya bertahan selama empat jam, dari pukul 10:00 pagi hingga pukul 14:00 siang.

3. Temuan lainnya :

- Notifikasi gangguan perjalanan meningkat sebesar 65 persen
- Tingkat kecelakaan saat Ramadan meningkat sebesar 80 persen
- Kemacetan lalu lintas meningkat sebesar 64 persen
- Jumlah polisi di jalanan berkurang sebesar 19 persen
 
Saat musim libur, jam sibuk dimulai lebih awal, yakni sekitar pukul 10:00 pagi, dimana biasanya dimulai pukul 12:00 siang. Tingkat lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat, seperti Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Biasanya tingkat lalu lintas mulai menanjak sehari sebelum mudik Lebaran.

Survei yang dirilis oleh Waze menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dalam sambutannya saat Rembuk Nasional 2017 (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:51 WIB

Kebanyakan Regulai Menumpuk Hambat Kecepatan Pembangunan

Presiden Joko Widodo menjelaskan kebanyakan regulasi yang bertumpuk memiliki potensi tumpang tindih sehingga rentan menghambat kecepatan pembangunan Indonesia.

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:41 WIB

Upaya Pemberantasan Korupsi Bisa Dimulai dari Internal Polri Secara Menyeluruh

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas meragukan kesiapan Polri terkait dengan rencana membentuk Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi.

Miryam S. Haryani. (Foto: IST)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:34 WIB

Anggota DPR Miryam S Haryani Dituntut 5 Tahun Penjara

Mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Hanura Miryam S Haryani dituntut 8 tahun penjara ditambah denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan karena dinilai terbukti melakukan tindak…

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:28 WIB

Kapolri Tito Klarifikasi Pemberitaan Soal Korban Pemerkosaan

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengadakan pertemuan dengan 18 organisasi aktivis pemerhati perempuan, didampingi oleh sejumlah pejabat Mabes Polri untuk melakukan klarifikasi atas sebuah…

Workshop Pengendalian dan Pengawasan Koperasi Bagi Aparatur Kabupaten/Kota di Jawa Timur, di Kota Batu, Malang, Senin (23/10).

Senin, 23 Oktober 2017 - 22:24 WIB

Pemerintah Awasi 12 Koperasi Bermasalah Ini

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM tengah mengawasi dan mewaspadai keberadaan 12 koperasi bermasalah dan melakukan praktik menyimpang.