Catat! Ini Waktu Terbaik dan Terburuk Untuk Berkendara Saat Mudik Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 17 Juni 2017 - 08:55 WIB

Ilustrasi Pengguna Kendaraan Bermotor (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Ilustrasi Pengguna Kendaraan Bermotor (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dalam menyambut mudik dan Lebaran, Waze merilis survei yang menunjukkan waktu terbaik dan terburuk untuk mudik di musim liburan. Hasil dari survei menunjukkan bahwa Selasa adalah hari terbaik untuk mengemudi, karena pada hari tersebut 27 persen lebih sedikit pengemudinya, dibandingkan hari Senin adalah hari terburuk untuk mengemudi, sekitar 21 persen lebih banyak yang mengemudi.
 
Survei yang dirilis oleh Waze menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu. Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat minggu sebelum dan empat minggu sesudah Lebaran.

Adapun beberapa survey telah dilakukan yakni,

1. waktu terbaik untuk bepergian yaitu :

- Jumlah pengemudi di hari Selasa 27 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya, dan hal ini berlaku sepanjang hari.
- Jumlah pengemudi di hari Sabtu 16 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya, tapi hal ini hanya berlaku untuk bepergian sebelum pukul 12 siang.
 
2. Waktu terburuk untuk bepergian yaitu :

- Jumlah pengemudi di hari Minggu 16 persen lebih banyak, mulai pukul 10:00 pagi hingga 22:00 malam.
- Jumlah pengemudi di hari Senin 21 persen lebih banyak, namun hanya bertahan selama empat jam, dari pukul 10:00 pagi hingga pukul 14:00 siang.

3. Temuan lainnya :

- Notifikasi gangguan perjalanan meningkat sebesar 65 persen
- Tingkat kecelakaan saat Ramadan meningkat sebesar 80 persen
- Kemacetan lalu lintas meningkat sebesar 64 persen
- Jumlah polisi di jalanan berkurang sebesar 19 persen
 
Saat musim libur, jam sibuk dimulai lebih awal, yakni sekitar pukul 10:00 pagi, dimana biasanya dimulai pukul 12:00 siang. Tingkat lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat, seperti Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Biasanya tingkat lalu lintas mulai menanjak sehari sebelum mudik Lebaran.

Survei yang dirilis oleh Waze menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 13:38 WIB

Didoakan Ratusan Ibu-Ibu, Kang Hasan Ingin Rakyat Jabar Mapan

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin-Anton Charliyan atau Hasanuddin-Anton Amanah (Hasanah) mendapatkan doa dari ratusan ibu-ibu di Desa Paseh Kaler, Kecamatan…

Bank Bukopin Syariah (dok - bukopin)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 13:30 WIB

Pertumbuhan Perbankan Syariah Tertatih-Tatih Sepanjang 2017

Pengamat ekonomi syariah menilai sepanjang 2017, perbankan syariah masih berjalan terseok-seok. Padahal regulator telah mendukung pertumbuhan keuangan syariah.