Mendag Pastikan Harga Pangan Stabil Cenderung Turun Jelang Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Juni 2017 - 10:06 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Cilegon- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan harga pangan di tingkat nasional menjelang Lebaran masih stabil bahkan di beberapa kota seperti di Kota Cilegon cenderung turun.

"Berkat kerja keras Kepala Daerah untuk memantau harga di pasar dengan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan kalau terjadi sedikit saja kenaikan," kata Enggar di Cilegon, Kamis (15/6/2017

Enggar bersama dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga melakukan inspeksi ke Pasar Kranggot di Cilegon serta sejumlah pabrik gula di wilayah Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Hadir juga mendampingi dalam inspeksi tersebut Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Enggar mengatakan, kepala daerah memegang peranan penting untuk pengamatan dan pengendalian pasokan dan harga, kalau di lapangan kemudian menemukan kejanggalan seperti pasokan berkurang, harga naik, distribusi tidak merata segera lakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan agar dapat dilaksanakan tindakan-tindakan.

Enggar yang juga berkunjung di los daging mengatakan sangat memperhatikan harga daging mengingat sangat volatile namun untuk kota Cilegon hanya Rp105 ribu, padahal sebelumnya pernah mencapai Rp120 ribu bahkan Rp150 ribu.

Kemudian, untuk harga beras justru sekarang ini paling murah mencapai Rp8.000, kemudian gula juga sudah Rp12.500, sedangkan ayam justru turun.

Kedepan pantauan harga kebutuhan akan dilaksanakan setiap jam, targetnya untuk menjaga stabilitas harga, kalau ada dari Pemerintah Daerah, laporan langsung ditindaklanjuti Inspeksi ke pasar tradisional ini telah berjalan rutin di pelosok nasional, terutama daerah penyangga Jakarta seperti kota Cilegon.

"Saat ini kami telah melaksanakan operasi pasar di 400 titik serta telah memberangkatkan ke 70 kabupaten/Kota yang komoditi pangannya rentan fluktuasi," kata Enggar kepada awak media di Cilegon.

Bahkan kalau ditemukan spekulan nakal, Kementerian Perdagangan siap untuk membanjiri pasar agar mereka justru rugi, saat ini terdapat 79 kasus yang tengah ditangani, beberapa diantaranya telah diputus, ujarnya.

Menurut Enggar, 79 daerah tersebut mendapat prioritas perhatian karena terjadi indikasi kerawanan dan inflasi tinggi, terutama di daerah yang dibanjiri pemudik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)