Mendag Pastikan Harga Pangan Stabil Cenderung Turun Jelang Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Juni 2017 - 10:06 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Cilegon- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan harga pangan di tingkat nasional menjelang Lebaran masih stabil bahkan di beberapa kota seperti di Kota Cilegon cenderung turun.

"Berkat kerja keras Kepala Daerah untuk memantau harga di pasar dengan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan kalau terjadi sedikit saja kenaikan," kata Enggar di Cilegon, Kamis (15/6/2017

Enggar bersama dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga melakukan inspeksi ke Pasar Kranggot di Cilegon serta sejumlah pabrik gula di wilayah Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Hadir juga mendampingi dalam inspeksi tersebut Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Enggar mengatakan, kepala daerah memegang peranan penting untuk pengamatan dan pengendalian pasokan dan harga, kalau di lapangan kemudian menemukan kejanggalan seperti pasokan berkurang, harga naik, distribusi tidak merata segera lakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan agar dapat dilaksanakan tindakan-tindakan.

Enggar yang juga berkunjung di los daging mengatakan sangat memperhatikan harga daging mengingat sangat volatile namun untuk kota Cilegon hanya Rp105 ribu, padahal sebelumnya pernah mencapai Rp120 ribu bahkan Rp150 ribu.

Kemudian, untuk harga beras justru sekarang ini paling murah mencapai Rp8.000, kemudian gula juga sudah Rp12.500, sedangkan ayam justru turun.

Kedepan pantauan harga kebutuhan akan dilaksanakan setiap jam, targetnya untuk menjaga stabilitas harga, kalau ada dari Pemerintah Daerah, laporan langsung ditindaklanjuti Inspeksi ke pasar tradisional ini telah berjalan rutin di pelosok nasional, terutama daerah penyangga Jakarta seperti kota Cilegon.

"Saat ini kami telah melaksanakan operasi pasar di 400 titik serta telah memberangkatkan ke 70 kabupaten/Kota yang komoditi pangannya rentan fluktuasi," kata Enggar kepada awak media di Cilegon.

Bahkan kalau ditemukan spekulan nakal, Kementerian Perdagangan siap untuk membanjiri pasar agar mereka justru rugi, saat ini terdapat 79 kasus yang tengah ditangani, beberapa diantaranya telah diputus, ujarnya.

Menurut Enggar, 79 daerah tersebut mendapat prioritas perhatian karena terjadi indikasi kerawanan dan inflasi tinggi, terutama di daerah yang dibanjiri pemudik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:30 WIB

Kemenperin: Aturan Pengecualian Impor Mainan Cegah Masuknya Barang Impor Tak Bermutu

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Badan Standardisasi Nasional telah menyepakati tentang ketentuan pengecualian yang diberikan…

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusi infrastruktur TI dan anak usaha CTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:16 WIB

Helios - Microsoft Bidik UKM dan Startup Berbasis Cloud

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusiinfrastruktur TI dananakusahaCTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.…

Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:15 WIB

Peryaan Imlek 2018, Bali Tetap Jadi Destinasi Wistawan Asal China

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 15 hingga 22 Februari 2018, tentunya masyarakat Tionghoa mulai berlibur dan Pulau Bali yang maenjadi salah satu tujuan wisata asal China.

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

Barata Indonesia Segera Bangun PLTM di Tapanuli Sumut

Perseroan terbatas Barata Indonesia akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Batang Toru 3 (2x5) MW di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sebagai solusi pengembangan…

Gubernur BI Agus Martowardojo

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

BI Jamin Inflasi dan Indikator Stabilitas Ekonomi Terjaga Selama Tahun Politik

Bank Indonesia berjanji inflasi dan indikator stabilitas makro ekonomi lainnya akan terjaga sesuai nilai fundamental, meskipun kegiatan ekonomi tahun ini akan dipengaruhi masifnya agenda politik…