Pelindo II Kembangkan Program Inovasi Teknologi Informasi

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 14 Juni 2017 - 07:42 WIB

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya (Foto Ist)
Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pelabuhan Indonesia II mengembangkan program-program inovasi yang berbasis teknologi informasi yang akan diimplementasikan pada Semester II 2017.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Massasya dalam diskusi jelang buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (13/6/2017) mengatakan inovasi yang secara tepat disasar untuk meningkatkan pelayanan, memperbaiki konektivitas dengan industri dan pasar serta pemangku kepentingan guna menanggulangi isu-isu strategis yang berkembang secara cepat.

"Kami akan mengembangkan 'fully digital port' (pelabuhan yang seluruhnya digital), jadi tidak ada lagi tenaga manusia, semuanya elektronik," katanya.

Dalam sisi teknik dan manajemen risiko, dia mengatakan Pelindo II akan meluncurkan sistem pelaporan digital alat atau "equipment reporting dan monitoring system (ERMS) yang berfungsi untuk memantau alat-alat bongkar muat secara terintegrasi dan memberikan laporan komprehensif, cepat, tepat dan akurat, sehingga dapat mengurangi risiko lebih dini.

"Peningkatan pada sisi operasi dan sistem informasi adalah pola operasi sistem 'full automation' atau otomasi penuh dan semi automation dalam proses operasi Container Terminal 2. Sistem ini diproyeksikan akan memangkas tenaga manusia yang bekerja di lapangan dan mengurangi kesalahan yang terjadi saat proses bongkar muat di lapangan," katanya.

Elvyn menjelaskan pasa pola Otomasi Penuh, proses pemasukan dan pengeluaran peti kemas menggunakan "stacking crane" otomatis.

Selain itu, proses bongkar muat di dermaga dilayani dengan menggunakan "guided vehicle" (kendaraan pandu) otomatis dan terdapat tempat untuk truk eksternal untuk menunggu.

"Sehingga, tidak menimbulkan kemacetan di dalam terminal. 'Guided vehicle' ini otomatis membawa peti kemas ke lapangan penumpukan tanpa dikemudikan operator," katanya seperti dilansir Antara.

Sedangkan, pada pola operasi berbasis otomasi sebagian (semi automation), proses pemasukan dan pengeluaran peti kemas dilakukan dengan menggunakan "stacking crane" otomatis, namun proses bongkar muat di dermaga dilayani dengan menggunakan truk internal.

"Serta terdapat tempat untuk truk eksternal menunggu, sehingga tidak menimbulkan kemacetan di dalam terminal," katanya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…