Produksi Semen Conch Capai 750.000 Ton

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 14 Juni 2017 - 07:34 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Tanjung- Produksi semen PT Conch South Kalimantan di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan sejak Januari hingga Juni 2017 mencapai 750.000 ton dan sudah dilepas ke pasaran sebanyak 700.000 ton.

Perwakilan PT Conch South Kalimantan Yandrie, di Tanjung, Selasa (13/6/2017) mengatakan perusahaan menargetkan tahun ini produksi semen bisa mencapai 7.000 ton per hari.

"Enam bulan ini semen yang sudah dipasarkan sebanyak 700.000 ton dari produksi 750.000 ton," kata Yandrie, usai memberikan bantuan paket bagi warga miskin dan lanjut usia di Desa Saradang, Kecamatan Haruai.

Sebagai perusahaan asing dengan nilai investasi Rp6,5 triliun ini, diperkirakan akan memproduksi semen di 'Bumi Saraba Kawa' hingga 50 tahun.

Awal beroperasi pabrik semen dari Tiongkok ini mampu memproduksi 3.200 ton per hari, namun masih terkendala distribusinya, kata Yandrie, sehingga sempat berkurang hingga 2.500 ton per hari.

Keberadaan pabrik semen ini berdampak pada kerusakan jalan nasional, menyusul aktivitas angkutan semen melebihi ketentuan tonase.

Secara terpisah Kasatlantas Polres Tabalong AKP Faisal Amri Nasution mengatakan baru-baru ini kembali mengamankan empat angkutan semen karena melanggar ketentuan tonase.

"Kami ingin memberikan efek jera bagi angkutan semen yang melebihi tonase, karena itu empat unit kendaraan pengangkut semen itu sudah diamankan," ujar Faisal.

Tercatat sejak Januari hingga Juni 2017, sekitar 68 unit angkutan semen kena tilang, dan pada 2016 sebanyak 116 unit angkutan semen itu melanggar ketentuan tonase.

Sebelumnya, anggota DPD RI Habib Abdurrahman Bahasyim saat melakukan kunjungan kerja ke pabrik semen ini, meminta PT Conch membuat jalan khusus agar tidak merusak infrastruktur di daerah tersebut.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi ( kedua dari kiri) menjelaskan bahwa fasilitas kredit sebesar Rp 5 triliun bertenor lebih dari 10 tahun

Selasa, 18 Desember 2018 - 23:02 WIB

Angkasa Pura I Peroleh Pendanaan Rp 5 Triliun dari Bank BTN, Sarana Multi Infrastruktur dan BRIsyariah

Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) kembali mendapatkan dukungan pendanaan berupa pinjaman dari bank dan lembaga keuangan non bank dengan nilai keseluruhan Rp 5 triliun untuk mendanai pengembangan…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Selasa, 18 Desember 2018 - 22:00 WIB

Sektor Batu Bara Perlu Didukung Kebijakan dan Regulasi yang Tepat

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai batu bara masih memiliki peranan yang besar untuk menjadi andalan pemenuhan energi. Indonesia sebagai salah satu produsen dan eksportir batu…

Ivan Tambunan CEO & Co-Founder Akseleran

Selasa, 18 Desember 2018 - 20:26 WIB

Lampaui Target di Tahun 2018, Akseleran Salurkan Pinjaman Hingga Rp202 Miliar

Perusahaan Peer-to-Peer Lending (P2P Lending) PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) mencatat total penyaluran pinjaman hingga pertengahan Desember 2018 sebesar Rp202 miliar, atau…

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam acara Kick Off Indonesia Industrial Design Awards (IID Awards) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Desember 2018 - 20:15 WIB

Pacu Daya Saing Industri, Kemenperin Rilis IIDA

Kementrian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah bekerjasama dengan asosiasi profesi desain di Indonesia yaitu ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia),…

PT Pelni (Persero)

Selasa, 18 Desember 2018 - 20:00 WIB

PELNI Ubah Pola Operasi Puncak Natal-Tahun Baru

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) melakukan pengalihan rute atau "rerouting" serta perubahan pola operasi kapal di rute-rute yang ramai selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru…