Kemenperin Gandeng Kementan Tingkatkan Penyediaan Bahan Baku Kapas

Oleh : Ridwan | Selasa, 13 Juni 2017 - 11:18 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian melalui Dirjen IKM dan Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian telah menandatangani nota kesepahaman program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) tenun melalui penyediaan bahan baku serat kapas di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, saat ini industri tenun berperan sebagai salah satu oenggerak perekonomian regional dan nasional yang memberikan kontribusi terhadap devisa negara dan menyerap tenaga kerja.

"Saat ini ada sekitar 269 sentra tenun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Provinsi Nusa tenggara Timur(NTT). Hampir seluruh kabupaten dan kota di Provinsi NTT adalah penghasil tenun dengan 115 sentra IKM dan 3.506 perajin yang memiliki ciri khas masing-masing daerah," ungkap Gati Wibawaningsih seusai acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Dirjen Perkebunan, kementan di kantor kemenperin, Jakarta (13/6/2017).

Sekedar informasi, sebagai langkah awal telah dilakukan penanaman kapas di lahan seluas 13 hektar oleh Dirjen Perkebunan, Kementan di kecamatan Mollo Barat dan sebelumnya pada bulan Mei lalau telah dibuat demplot oleh Balai Penelitian dan Pengembangan kementerian Pertanian dilahan seluas 3 hektar di Kecamatan yang sama.

Gati menambahkan, Dirjen IKM selanjutnya akan memberikan bantuan pendampingan desain dan bantuan peralatan mesin gining dan mesin tenun kepada sentra tenun di Kabupaten Timor Tengan Selatan yang merupakan tindak lanjut dari program pendampingan di tahun 2016.

"Melalui pelaksanaan kerjasama ini akan dapat membantu memenuhi kebutuhan bahan baku kapas untuk perajin yang berada di sentra tenun Khususnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan," ucapnya.

Dalam memperkuat produk tenun, Dirjen IKM Kemenperin akan melakukan serangkaian pembinaan bagi IKM melalui fasilitas penguatan sumber daya manusia dengan kegiatan bimbingan teknis dan pendampingan untuk penumbuhan wirausaha baru.

"Kedepan diharapkan produk tenun tidak hanya dipakai untuk adat saja tetapi juga fesyen, produk kerajinan dan home decor," tutup Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…