Seni Budaya Perteguh Kebhinekaan Masyarakat Berkehidupan Berbangsa

Oleh : Herry Barus | Minggu, 11 Juni 2017 - 10:30 WIB

Menko PMK Puan Maharani (Foto Istimewa)
Menko PMK Puan Maharani (Foto Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menegaskan seni budaya merupakan instrumen dalam memperteguh kebhinnekaan masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Bagi Indonesia, seni dan budaya merupakan salah satu pilar di dalam membangun kepribadian bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara," kata Puan saat membuka Pesta Kesenian Bali 2017 di Bali Art Center Denpasar, Bali, Sabtu (10/6/2017)

Puan mengatakan Pesta Kesenian Bali merupakan wahana unjuk ekspresi, kreativitas, dan inovasi sekaligus prestasi dari para seniman Bali untuk ditampilkan kepada masyarakat Bali dan masyarakat dunia.

Dia mengemukakan keberagaman seni dan budaya yang ditampilkan dalam Pesta Kesenian Bali dapat memperkuat persatuan Indonesia dalam keberagaman suku bangsa.

Terlebih berbagai kesenian yang ditampilkan dalam Pesta Kesenian Bali 2017 turut menghadirkan kebudayaan daerah lain di Indonesia termasuk dari luar negeri.

 Puan berharap Pesta Kesenian Bali dapat menjadi jendela komunikasi antarbudaya, sekaligus membangun peradaban dunia yang berbudaya.

 "Dengan semangat cinta seni budaya, kita perteguh jiwa Bhinneka Tunggal Ika dalam berbangsa dan bernegara," kata Puan.

Puan berharap Pesta Kesenian Bali selain untuk memperteguh seni budaya Bali, juga bisa berdampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat Bali.

Pesta Kesenian Bali 2017 yang berlangsung sejak 10 Juni hingga 8 Juli ini merupakan yang ke-39 sejak dimulai pada 1979. Sebanyak 230 kesenian dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali dari 17.000 seniman akan ditampilkan dalam satu bulan penuh.

Daerah lain yang turut berpartisipasi dalam PKB 2017 ialah Nusa Tenggara Timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kota Blitar, Bangkalan, dan Magelang. Sementara negara yang turut berkontribusi antara lain India, Jepang, Prancis, Timor Leste, dan Tunisia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…