Citra Merek dan Kreasi Bersama: Analogi Cerita Cinta dan Kisah Patah hati

Oleh : Bintang Handayani | Sabtu, 10 Juni 2017 - 06:21 WIB

Bintang Handayani. (Foto: IST)
Bintang Handayani. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Patah hati mengarah pada isu tentang kisah sedih di dalam akhir cerita percintaan, jika bukan cerita tentang kemalangan hati, kekecewaan lah benang merahnya, secara sarkastik dikatakan oleh seorang kawan lama dalam perjumpaan dibandar udara, Agustus hangat menyambut tahun lalu.

Kurang ilmiah namun tepat sangat, membawa observasi saya kali ini merangsang untuk menulis, jika tidak ingin menjadi kurang enak badan, kurang sedap menelan makanan berbuka puasa hari ini. Ya, klasik, cendikia muda dengan segala insekuritas atas akselerasi alam maya yang menawarkan beragam informasi, sampah dan non-sampah... pembentuk dan dibentuk oleh ekosistem nan beragam, sikap khas Manusia dengan sifat & akal atribut ke Manusiaan; silakan anda mengira atau berhitung, jika tak ingin dikira.

Biasanya, Patah hati juga mengarah pada kehangatan emosional; sebuah konsepsi yang menakjubkan dan (biasanya) mengarah pada sisi emosional Manusia, pembentuk atribut entitas sebagai mahluk paling mulia, berbudi luhur, beretika; telah juga diakui oleh umat Manusia sebagai aspek cerita paling menarik nomor 2 setelah konsepsi cerita tentang Keyakinan & Spiritualitas, dan cerita nomor 1 yang mengalahkan cerita spektakuler novel Harry Potter versi generasi 90an; saya, kami, dan mungkin anda juga telah terterpa dan diterpa oleh cerita-cerita klasik nan menggugah aspek emosional.

Sedikit ekstrim, cerita cinta dan kisah patah hati adalah pemenang dan pemimpin dalam spektrum bisnis dan non-bisnis. Mari melihat cerita cinta dan kisah patah hati dari sudut pandang ilmu bisnis, saya ingin berbagi cerita ini dengan mengambil aspek cerita tentang citra merek dan kreasi bersama. 

Mencintai dan dicintai dalam konteks bisnis berkaitan erat dengan kepercayaan dan kemurnian atas hakiki komitmen menjadi sesuai dengan janji-janji (baca: promosi) yang telah dipaparkan kedalam visi dan misi. Visi dan misi diibaratkan sebagai gambaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan. Disisi lain, misi adalah hakekat untuk bagaimana mencapai tujuan.

Mencintai adalah bagian dari kata aktif, mencerminkan kebesaran hati dan kemampuan jiwa untuk menerima apa adanya atribut entitas, yang dalam hal ini berkaitan dengan penumbuhan rasa penerimaan dan pengakuan untuk suka hati atas kekurangan, atas ketidaktepatan menjadi murni dan autentik.

Bertolak belakang dengan konsepsi mencintai, kata “dicintai” merupakan kata pasif, mengindikasikan kebesaran hakekat entitas atas kualitas yang melekat dengan atribut “lebih baik”, dapat diandalkan, dan kejujuran murni, jauh dari siasat akal untuk mengakali.

Atribut entitas  tersebut dipandang sebagai standarisasi untuk ukuran posisioning. Dalam ilmu bisnis, konsepsi mencintai dan dicintai berkaitan erat dengan tingkatan citra merek atas entitas produk atau jasa yang selayaknya. Tingkatan citra merek atas entitas produk atau jasa yang dibentuk oleh visi dan misi ini terbingkai menjadi profil dan menjadi atribut yang melekat dengan entitas.

Untuk kemudian mengubah konsepsi mencintai dan/atau dicintai berkisar atas kesesuaian kemurnian janji dengan aplikasi gelagat sikap dan tingkah laku. Hal yang paling mencerminkan kemurnian janji dengan aplikasi gelagat sikap dan tingkah laku entitas produk dan/atau jasa dalam konteks bisnis adalah projeksi personal lini depan (contact personnels) sebagai kontributor utama. Namun demikian, komitmen atrifisial organisasi yang menyediakan produk atau jasa juga memiliki kontribusi untuk membentuk kemurnian janji untuk kemudian menjadi profil, untuk menjadi citra merek. Pembentukan dan pengukuhan citra merek dapat juga dilahirkan dari konsepsi publik (baca: konsumen/konsumer) yang “mencintai” entitas produk dan jasa.

Observasi studi terkini mengindikasikan bahwa jasa perbankan yang mengandalkan projeksi personal lini depan sebagai kontributor utama pembentuk citra merek, dan personel lini belakang & sistem terpadu yang membentuk kakekat utama kualiti, juga dapat memberikan pengukuhan citra merek negatif atas ketidaksesuaian projeksi kemurnian janji dengan aplikasi gelagat sikap & tingkah laku yang disebabkan oleh aspek-aspek tersebut.

Tidak mengklaim kebenaran hakiki, beberapa kasus-kasus kasat mata adalah ketidaksesuaian tersebut tergambar dari contoh antrian panjang dari beberapa kantor pusat pemerintah dan swasta yang mengelola jasa. Begitu banyaknya nasabah bank, namun kaunter yang terlihat kasat mata 5-10 kauter tidak dibuka semua untuk aktif melayani nasabah/konsumen.

Hal lainnya yang terlihat jelas adalah sistem berbasis online yang kurang friendly user dan kurang efisien, biasanya nampak jelas dari pengelolaan websites yang jauh dari keterkinian informasi dan cenderung terlalu banyak langkah-langkah klik sana-klik sini, memakan masa untuk hal yang sepatutnya didapat dengan cepat dan akurat.

Dalam spektrum bisnis lain yang banyak memberikan pengukuhan atas studi terkini adalah kecenderungan atas ketidaksesuaian janji dengan komitmen yang murni. Contohnya, penyediaan air minum dan pelayanan atas fasilitas umum. Ketidaksesuaian janji dengan komitmen yang murni ini dimaknai dengan kesungguhan yang setengah hati oleh penyelia jasa dan produk.

Dengan mengatakan perduli terhadap konsumen, perduli pada lingkungan, namun projeksi aplikasi gelagat sikap dan tingkah laku yang dilakukan melalui ketersediaan produk kasat mata cenderung jauh dari sifat “murni” dan autentik. Sifat “murni” dan autentik misalnya penyediaan fasilitas air minum di area umum, namun air yang disediakan jauh dari higienitas dan sanitasi.

Studi menunjukkan sifat setengah hati bukan hanya menjadi prediktor dari Patah hati, namun juga menjadi pemicu berkurangnya rasa cinta, yaitu hakekat tingkatan mencintai menjadi berkurang atau malah menjadi hilang. Tragis, tingkatan mencintai dapat bukan hanya menjadi pembentuk rasa benci tetapi juga menjadi pemicu ketiadaan konsepsi kreasi bersama.

Kreasi bersama merupakan fenomena tidak terelakkan yang selari dengan perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi. Dalam spektrum ini, kreasi bersama juga akan bukan hanya dapat memupuk rasa cinta, yang tercipta dan diciptakan oleh publik/konsumen yang memiliki rasa/level cinta dan minat yang sama, namun juga akan dapat memadamkan rasa cinta, yang tercermin jelas dari ketidakelokan eskpresi Patah hati.

Tidak kalah benar, eskpresi Patah hati bukan hanya memadamkan rasa, untuk kemudian menjadi antipati, dan lebih memilih untuk menghindar, untuk menjadi senyap tidak bergeming, dan tidak ingin berhubungan kembali, namun juga fatalnya dapat memengaruhi publik lainnya; karena cinta adalah aspek emosional Manusia yang paling hebat dan seperti kita ketahui, seorang Manusia memiliki relasi dengan Manusia lain (baca: memiliki famili, kerabat, handai tolan, dan teman-teman).

Singkatnya, jika ada seorang Manusia yang Patah hati, beberapa Manusia lainnya akan dirundung duka. Akibatnya,  kreasi bersama yang pada abad ini dianggap paling hebat dalam memengaruhi rasa cinta, dapat (jika tidak) memadamkan rasa cinta juga akan membentuk citra merek yang negatif. Untuk itu, saya menggalakkan untuk tidak membuat orang Patah hati.

Bintang Handayani, Ph.D adalah Dosen dan Peneliti Senior di President University, Cikarang, Indonesia. Kajian penelitiannya berkisar pada Pencitraan Pariwisata Gelap, Penggunaan Teknologi pada situs kematian, Citra Merek Pelancongan dan Personifikasi Bangsa, serta studi Media & Komunikasi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…