Semarak Pasar Ramadan Meriahkan Kabupaten Penajam, Kaltim

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 10 Juni 2017 - 03:00 WIB

Ilustrasi Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara (Foto:helloborneo.com)
Ilustrasi Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara (Foto:helloborneo.com)

INDUSTRY.co.id, Kalimantan Timur - Bulan Ramadan, pasti banyak sekali pasar-pasar bahkan bazar dadakan yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Salah satunya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami mencatat, sebanyak 15 pasar Ramadan di empat kecamatan ramaikan suasan Ramadan 1438 hijriah di sini," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, di Penajam, Jumat, (9/6/2017)

Menurut Dia, pada tahun ini Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara tidak mengelola pasar Ramadan.

Hingga saat ini, terpantau ada 15 pasar Ramadan yang didirikan masyarakat di empat kecamatan secara kelompok.

"Adapun beberapa titik pasar Ramadan tersebut, yakni ada lima di Kecamatan Penajam, Waru tiga titik, Babulu empat titik, dan di Kecamatan Sepaku ada tiga titik pasar Ramadhan," sambungnya.

Jumlah itu belum termasuk penjual makanan dan minuman dadakan individual yang biasa ditemui di pinggir jalan raya, katanya.

Rusli menyatakan jumlah pedagang yang menjual jajanan khas untuk berbuka puasa di wilayah Penajam Paser Utara pada 2017 lebih banyak dibanding tahun lalu.

"Karena bukan dikelola oleh Disperindagkop UKM, pasar yang dikelola masyarakat harus ikut aturan," tambah Rusli.

Untuk syarat utama, lokasi pasar Ramadan adalah tidak mengganggu ketertiban umum atau masyarakat, terutama pada kelancaran arus lalu lintas.

"Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah pasar yang menjual kebutuhan berbuka puasa, menjadi unik karena selalu menjual jajanan yang sehari-hari di luar saat Ramadhan sulit didapatkan," pungkasnya, Rusli. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemilik Blue Fish Hotel, Sam Halim

Rabu, 26 September 2018 - 15:49 WIB

Jajal Track, Pemilik Blue Fish Hotel Kepincut dengan Rute Rhino MTB XCM di Tanjung Lesung

Rhino MTB XCM merupakan sport tourism event yang dilaksanakan bersamaan dengan Rhino X-Tri yang merupakan agenda utama dalam perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang akan dilaksanakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih seusai acara Pameran KriyaNusa (Foto: Dok. Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:45 WIB

Punya Pasar Potensial di Luar Negeri, Menperin Pacu Ekspor Industri Kerajinan

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong ekspor produk kerajinan dan memfasilitasi industri kecil dan menengah yang bergeram di sektor itu untuk melakukan promosi…

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pariwisata III 2018 Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/9)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Pembentukan KEK Pariwisata Dorong Peningkatan UMKM Lokal

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program Kementerian Pariwisata dalam membangun Kawasan Ekononi Khusus (KEK) Pariwisata di…

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…