Semarak Pasar Ramadan Meriahkan Kabupaten Penajam, Kaltim

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 10 Juni 2017 - 03:00 WIB

Ilustrasi Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara (Foto:helloborneo.com)
Ilustrasi Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara (Foto:helloborneo.com)

INDUSTRY.co.id, Kalimantan Timur - Bulan Ramadan, pasti banyak sekali pasar-pasar bahkan bazar dadakan yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Salah satunya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami mencatat, sebanyak 15 pasar Ramadan di empat kecamatan ramaikan suasan Ramadan 1438 hijriah di sini," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, di Penajam, Jumat, (9/6/2017)

Menurut Dia, pada tahun ini Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara tidak mengelola pasar Ramadan.

Hingga saat ini, terpantau ada 15 pasar Ramadan yang didirikan masyarakat di empat kecamatan secara kelompok.

"Adapun beberapa titik pasar Ramadan tersebut, yakni ada lima di Kecamatan Penajam, Waru tiga titik, Babulu empat titik, dan di Kecamatan Sepaku ada tiga titik pasar Ramadhan," sambungnya.

Jumlah itu belum termasuk penjual makanan dan minuman dadakan individual yang biasa ditemui di pinggir jalan raya, katanya.

Rusli menyatakan jumlah pedagang yang menjual jajanan khas untuk berbuka puasa di wilayah Penajam Paser Utara pada 2017 lebih banyak dibanding tahun lalu.

"Karena bukan dikelola oleh Disperindagkop UKM, pasar yang dikelola masyarakat harus ikut aturan," tambah Rusli.

Untuk syarat utama, lokasi pasar Ramadan adalah tidak mengganggu ketertiban umum atau masyarakat, terutama pada kelancaran arus lalu lintas.

"Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah pasar yang menjual kebutuhan berbuka puasa, menjadi unik karena selalu menjual jajanan yang sehari-hari di luar saat Ramadhan sulit didapatkan," pungkasnya, Rusli. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.

Dirut BTN Maryono (Fot Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:00 WIB

Himbara: Industri Perbankan Memerlukan Pengaturan Suku Bunga Deposito

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memandang saat ini industri perbankan masih memerlukan pengaturan suku bunga deposito agar tidak terjadi perlombaan kenaikan suku bunga yang "tidak kondusif"…

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:00 WIB

Kemenperin: Kebutuhan GKR untuk Industri Naik 6 Persen per Tahun

Kementerian Perindustrian memproyeksi kebutuhan gula kristal rafinasi (GKR) untuk sektor industri makanan dan minuman serta industri farmasi naik sebesar 5-6 persen per tahun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:30 WIB

BCA Pastikan Akuisisi Bank Kecil Selesai Tahun Ini

PT Bank Central Asia Tbk memastikan proses akuisisi bank umum kegiatan usaha I (BUKU I) atau bank bermodal di bawah Rp1 triliun akan selesai pada tahun ini, setelah rencana tersebut tak kunjung…

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:00 WIB

Garuda Sudah Turunkan Tarif di Sejumlah Rute

PT Garuda Indonesia sudah menurunkan tarif penerbangan di sejumlah rute menyusul hasil konsolidasi Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) soal lonjakan…