Semarak Pasar Ramadan Meriahkan Kabupaten Penajam, Kaltim

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 10 Juni 2017 - 03:00 WIB

Ilustrasi Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara (Foto:helloborneo.com)
Ilustrasi Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara (Foto:helloborneo.com)

INDUSTRY.co.id, Kalimantan Timur - Bulan Ramadan, pasti banyak sekali pasar-pasar bahkan bazar dadakan yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Salah satunya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami mencatat, sebanyak 15 pasar Ramadan di empat kecamatan ramaikan suasan Ramadan 1438 hijriah di sini," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, di Penajam, Jumat, (9/6/2017)

Menurut Dia, pada tahun ini Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara tidak mengelola pasar Ramadan.

Hingga saat ini, terpantau ada 15 pasar Ramadan yang didirikan masyarakat di empat kecamatan secara kelompok.

"Adapun beberapa titik pasar Ramadan tersebut, yakni ada lima di Kecamatan Penajam, Waru tiga titik, Babulu empat titik, dan di Kecamatan Sepaku ada tiga titik pasar Ramadhan," sambungnya.

Jumlah itu belum termasuk penjual makanan dan minuman dadakan individual yang biasa ditemui di pinggir jalan raya, katanya.

Rusli menyatakan jumlah pedagang yang menjual jajanan khas untuk berbuka puasa di wilayah Penajam Paser Utara pada 2017 lebih banyak dibanding tahun lalu.

"Karena bukan dikelola oleh Disperindagkop UKM, pasar yang dikelola masyarakat harus ikut aturan," tambah Rusli.

Untuk syarat utama, lokasi pasar Ramadan adalah tidak mengganggu ketertiban umum atau masyarakat, terutama pada kelancaran arus lalu lintas.

"Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah pasar yang menjual kebutuhan berbuka puasa, menjadi unik karena selalu menjual jajanan yang sehari-hari di luar saat Ramadhan sulit didapatkan," pungkasnya, Rusli. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…