Dukung Kawasan Industri, Pelindo III Kembangkan Pelabuhan Kendal

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Juni 2017 - 19:14 WIB

INDUSTRY.co.id - Semarang- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III segera mengembangkan Pelabuhan Kendal untuk mendukung arus peti kemas yang masuk maupun keluar dari Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Pelindo III Ari Askhara mengatakan saat ini Pelindo III sudah melakukan penjajakan dengan Pemerintah Kabupaten Kendal dan sejauh ini Pemkab Kendal memberikan respons yang baik.

"Setelah Tanjung Perak, saya melihat Tanjung Emas sangat potensial untuk dikembangkan karena arus keluar masuk barang mulai ramai, dalam hal ini termasuk Pelabuhan Kendal yang akan kami kembangkan," kata Ari, Kamis (8/6/2017).

Dia mengatakan dalam sebuah bisnis pelabuhan, tidak boleh sampai terlalu penuh. Jika di suatu wilayah sudah mulai penuh arus keluar masuk barang maupun penumpang, maka harus mengembangkan ke terminal lain. "Di antaranya melalui upaya reklamasi dan pengembangan pelabuhan lain seperti Kendal ini," kata dia.

Sementara itu, Direktur Komersial dan Operasional PT Pelindo III Mohammad Iqbal mengatakan nantinya akan ada sinergi antara Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan Pelabuhan Kendal. "Akan ada sinergi yang baik mengingat untuk di Kendal maupun Semarang pertumbuhan industrinya sama-sama bagus, kalau di Kendal ini kan ada Kawasan Industri Kendal," katanya kepada awak media yang meneminya.

Mengenai pengembangan dermaga di Pelabuhan Kendal, saat ini sedang dalam tahap pendalaman kolam dan perpanjangan dermaga. Saat ini, kapasitasnya baru bisa sandar untuk satu kapal. Ke depan, dengan adanya pengembangan ini harapannya bisa untuk sandar 3-4 kapal. Sedangkan untuk lapangan penumpukan, nantinya pada tahap awal direncanakan bisa untuk kapasitas barang hingga 100 ribu teus.

Meski belum seperti Pelabuhan Tanjung Emas yang memiliki kapasitas hingga 600 ribu teus, namun pengembangan akan terus dilakukan. "Sifatnya fleksibel, kalau industri berkembang kan pelabuhan juga harus berkembang. Rencananya untuk tahap awal bisa dikerjakan dalam kurun waktu dua tahun ini," kata dia. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.