Bolu Berendam Khas Inhu Nampang di Ajang API 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 09 Juni 2017 - 19:00 WIB

Makanan Khas Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam (Foto:Ist)
Makanan Khas Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id, Indragiri Hulu - Begitu banyak makanan khas Indonesia yang menarik dan tentunya sangat lezat, keanekaragaman menu khas Indonesia tentunya dapat menarik perhatian dari berbagai pihak.

Menurut Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam ikut berpartisiasi memeriahkan festival hidangan tradisional menampilkan kue khas bolu berendam pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

"Ini kesempatan bagi Inhu untuk menyebar luaskan kue tradisional secara nasional," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Pariwisata (Disporapar) Armansyah didampingi  Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi di Rengat, Kamis (8/6/2017)

Ia mengatakan, penyelenggaraan API ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan guna membangkitkan apresisasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia serta mendorong peran serta pemerintah daerah untuk lebih giat mempromosikan pariwisata pada daerahnya

Bolu berendam terpilih untuk diiuktsertakan dalam festival tersebut, karena sudah beberapa kali dibawa saat ada pameran, festival sehingga selama ini sangat memasyarakat, lebih mudah disebut dan diingat khas Indragiri tersebut.

" Karena memiliki khas sendiri sehingga diundang untuk mengikuti acara tersebut," sebutnya.

Menurutnya, program API ini telah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui surat nomor HK.505/10/2/DP3N/KEMPAR/2016 dan teknis penyelenggaraannya akan dimulai dengan memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota, dibawah koordinasi Pemerintah Daerah tingkat Provinsi.

" Dinas Pariwisata untuk memberikan usulan nominasi bagi setiap kategori yang telah ditentukan panitia dan tim perumus," ujarnya.

Setelah itu kegiatan API adalah mengajak masyarakat untuk memilih destinasi ataupun objek wisata terbaik dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau objek wisata yang dipilih secara online ataupun melalui SMS.

" Bolu Berendam merupakan kuliner asli Indragiri Hulu yang bercita rasa manis dan biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu bagi masyarakat setempat," terangnya.

Dijelaskan Arman, bolu berendam ini selain sebagai kuliner tradisional khas Indragiri Hulu, makanan ini merupakan hidangan besar sering dimanfaatkan untuk dihidangkan pada acara besar seperti lebaran dan acara pernikahan sehingga nilai budaya melekat pada kue tersebut.

Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi menambahkan, memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan secara gencar bolu berendam ini tidak hanya promosi ke media sosial tetapi lebaran.

"Pemungutan suara (vote) akan dimulai tanggal 1 Juni 2017 hingga 31 Oktober 2017," ujarnya.

Masyarakat Inhu atau siapapun yang mendukung Bolu Berendam pada Nominasi Makanan Tradisional Terpopuler 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta masa bakti 2018-2022

Kamis, 17 Januari 2019 - 18:22 WIB

Amalia Berambisi Bawa Atlet Squash DKI Jakarta Juara

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI), Alfitra Salamm hari ini Kamis (17/1/2019) resmi melantik Pengurus Provinsi dan Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta…

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…