Bolu Berendam Khas Inhu Nampang di Ajang API 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 09 Juni 2017 - 19:00 WIB

Makanan Khas Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam (Foto:Ist)
Makanan Khas Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id, Indragiri Hulu - Begitu banyak makanan khas Indonesia yang menarik dan tentunya sangat lezat, keanekaragaman menu khas Indonesia tentunya dapat menarik perhatian dari berbagai pihak.

Menurut Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri, Hulu Provinsi Riau, Bolu Berendam ikut berpartisiasi memeriahkan festival hidangan tradisional menampilkan kue khas bolu berendam pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

"Ini kesempatan bagi Inhu untuk menyebar luaskan kue tradisional secara nasional," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Pariwisata (Disporapar) Armansyah didampingi  Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi di Rengat, Kamis (8/6/2017)

Ia mengatakan, penyelenggaraan API ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan guna membangkitkan apresisasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia serta mendorong peran serta pemerintah daerah untuk lebih giat mempromosikan pariwisata pada daerahnya

Bolu berendam terpilih untuk diiuktsertakan dalam festival tersebut, karena sudah beberapa kali dibawa saat ada pameran, festival sehingga selama ini sangat memasyarakat, lebih mudah disebut dan diingat khas Indragiri tersebut.

" Karena memiliki khas sendiri sehingga diundang untuk mengikuti acara tersebut," sebutnya.

Menurutnya, program API ini telah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui surat nomor HK.505/10/2/DP3N/KEMPAR/2016 dan teknis penyelenggaraannya akan dimulai dengan memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota, dibawah koordinasi Pemerintah Daerah tingkat Provinsi.

" Dinas Pariwisata untuk memberikan usulan nominasi bagi setiap kategori yang telah ditentukan panitia dan tim perumus," ujarnya.

Setelah itu kegiatan API adalah mengajak masyarakat untuk memilih destinasi ataupun objek wisata terbaik dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau objek wisata yang dipilih secara online ataupun melalui SMS.

" Bolu Berendam merupakan kuliner asli Indragiri Hulu yang bercita rasa manis dan biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu bagi masyarakat setempat," terangnya.

Dijelaskan Arman, bolu berendam ini selain sebagai kuliner tradisional khas Indragiri Hulu, makanan ini merupakan hidangan besar sering dimanfaatkan untuk dihidangkan pada acara besar seperti lebaran dan acara pernikahan sehingga nilai budaya melekat pada kue tersebut.

Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi menambahkan, memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan secara gencar bolu berendam ini tidak hanya promosi ke media sosial tetapi lebaran.

"Pemungutan suara (vote) akan dimulai tanggal 1 Juni 2017 hingga 31 Oktober 2017," ujarnya.

Masyarakat Inhu atau siapapun yang mendukung Bolu Berendam pada Nominasi Makanan Tradisional Terpopuler 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…