Hari kopi Internasional, Datangkan 10 Provinsi Penghasil Kopi di Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 09 Juni 2017 - 16:22 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Bandarlampung - Hari Kopi Internasional yang digelar di Provinsi Lampung pada 1 Oktober 2017, akan mendatangkan sepuluh provinsi penghasil kopi di Indonesia.

Melansir dari antara, "Kesepuluh provinsi tersebut adalah Nanggroe Aceh Darussalam,  Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Bali," kata Kepala Dinas Perindustrian, Tonny OL Tobing, di Bandarlampung, Kamis (8/6/2017)

Provinsi Lampung, sambungnya, juga akan mengundang beberapa negara tetangga sebagai pembeli yaitu Thailand, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Selain itu ada beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan, seperti seminar kopi robusta, pemutaran film dan dokumentasi mengenai kopi.
      
Selain itu ada wisata kopi, praktik budi daya kopi robusta, bantuan bibit dan alat untuk petani kopi, pameran produk kopi, pagelaran busana dan tari, lomba tes cup.

Lalu, lomba barista, kuliner berbahan kopi robusta, minum kopi gratis dan yang terakhir perayaan Hari Kopi Internasional tahun 2017.

Menurut Asisten Bidang Ekbang Setporv Lampung Adeham saat memimpin rapat mengatakan even berskala internasional ini mempunyai andil penting dalam upaya meningkatkan nilai tambah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kopi asal Provinsi Lampung terutama kopi robustanya.

Even ini sebagai upaya untuk mensejahterakan petani kopi dan mengajak masyarakat untuk mencintai kopi dalam negeri khususnya kopi robusta asal Lampung, tambahnya.

"Karena itu, semua pihak terkait diimbau untuk bekerja semaksimal mungkin agar event ini terselenggara dengan baik dan lancar, terlebih event ini akan dihadiri peserta dalam maupun luar negeri," pungkas Adeham.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Rabu, 12 Desember 2018 - 06:20 WIB

2023 Diprediski Industri Pasar Keuangan Syariah Tembus 20 Persen

Bank Indonesia yakin pangsa pasar keuangan syariah dapat meningkat cukup signifikan hingga 20 persen dari total pasar keuangan nasional pada 2023, dengan beberapa upaya, salah satunya memperluas…

Bahana Artha Ventura (Foto Kontan)

Rabu, 12 Desember 2018 - 06:00 WIB

2018, Bahana Salurkan Dana bagi Usaha Ultra Mikro hingga Rp 557 Miliar

Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah menyentuh hampir seluruh sektor dan aspek kehidupan masyarakat, terutama dalam era revolusi industri keempat atau yang lebih dikenal dengan istilah…

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:20 WIB

Pemerintah Luncurkan Layanan Kredit Ultra Mikro Berbasis Digital

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable.

Direktur Eksekutif IHW Ikhsan Abdullah saat bedah buku karyanya berjudul Mere(i)butkan Sertifikasi Halal di Jakarta, Selasa (11/12) (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:08 WIB

Jaga Iklim Usaha, Pemerintah Diminta Jalankan Sertifikasi Halal

Lembaga advokasi Indonesia Halal Watch (IHW) mendorong pemerintah untuk menjalankan Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Dengan memperkuat LPPOM MUI melalui…

Kue jajanan (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:35 WIB

Waspada! Banyak Jajanan Sekolah Tak Higienis

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya menyatakan masih banyak ditemukan jajanan sekolah di Jawa Timur tidak higienis meski temuan jajanan pangan di tempat pendidikan yang mengandung…