Pabrik Baja Galvanis Siap Suplai Industri otomotif September 2017

Oleh : Ridwan | Jumat, 09 Juni 2017 - 15:26 WIB

I Gusti Putu Suryawirawan - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
I Gusti Putu Suryawirawan - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, Pabrik baja otomotif milik PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) akan selesai dan siap beroperasi pada bulan September 2017.

Hal ini disampaikan I Gusti Putu Suryawirawan seusai pertemuan dengan Manager Executive Officer PT Nippon Stell and Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) di Kantor kemenperin, Jakarta.

"KNSS akan memproduksi pelat baja galvanis dengan total kapasitas mencapai 500 ribu ton yang akan digunakan untuk industri otomotif," ungkap I Gusti Putu Suryawirawan kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta n(9/6/2017).

Ia menambahkan, saat ini baja galvanis yang digunakan untuk membuat badan mobil masih diimpor 100%. Jika pabrik tersebut beroperasi, substitusi impor yang terjadi dapat mencapai 50 persen.

Menurut Putu, industri baja saat ini sangat tergantung oleh sektor otomotif. "kalau industri otomotifnya tumbuh mereka juga akan tumbuh, karena sebagian besar industri baja akan diserap oleh industri otomotif," terangnya.

Menurut catatan Kemenperin, sektor otomotif berekspansi 8,39 persen pada kuartal II 2016 setelah hanya tumbuh 3,36 persen di kuartal I. "Ada tren tahunan yang menunjukkan pertumbuhan di kuartal kedua biasanya lebih baik dibanding kuartal sebelumnya," imbuhnya.

Putu berharap pertumbuhan industri otomotif pada tahun ini bisa mencapai lima persen. "Lima persen juga sudah baik, karena tahun lalu industri otomotif kita hanya bisa tumbuh di bawah empat persen," tutup Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Patuna Travel Fair Turut Meriahkan Pameran Garuda Indonesia Travel Fair 2017

Jumat, 22 September 2017 - 21:27 WIB

Patuna Travel Bertabur Diskon di Ajang Garuda Travel Fair 2017

Jelang akhir tahun saatnya bagi Anda untuk merencanakan liburan, yuk datangi pameran Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 yang berlangsung Jumat, 22 hingga 24 September ini. Ada banyak sekali…

Ketua DPR Setya Novanto (Foto ist)

Jumat, 22 September 2017 - 21:24 WIB

KPK: Tidak Benar Setya Novanto Telah Ditahan

Kepala Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Setiadi menyatakan tidak benar pihaknya telah menahan Setya Novanto seperti yang disebutkan dalam dalil permohonan praperadilan Ketua DPR…

Kartu E-toll (ist)

Jumat, 22 September 2017 - 21:19 WIB

Masih Gratis Lima Kali Beli Isi Ulang Uang Elektronik Rp200 Ribu

Masyarakat dapat mengisi ulang uang elektronik tanpa dikenakan biaya maksimal Rp200 ribu, ini dapat berlaku pengisian lima kali dalam satu waktu. Ini merupakan cara menghindari pengenaan beban…

Bank Indonesia

Jumat, 22 September 2017 - 21:16 WIB

Jangka Panjang Bank Peroleh Pendapatan e Money

Bank Indonesia (BI) mensinyalir masa depan bank penerbit uang elektronik akan mendapatkan keuntungan berupa fee base income atau pendapatan non bunga.

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Jumat, 22 September 2017 - 21:14 WIB

BI Segera Terbitkan Aturan Lanjutan Biaya Top Up e Money

Bank Indonesia (BI) segera menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) lanjutan tentang uang elektronik, terutama terkait on us atau isi ulang dalam satu kanal bank penerbit.