Pabrik Baja Galvanis Siap Suplai Industri otomotif September 2017

Oleh : Ridwan | Jumat, 09 Juni 2017 - 15:26 WIB

I Gusti Putu Suryawirawan - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
I Gusti Putu Suryawirawan - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, Pabrik baja otomotif milik PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) akan selesai dan siap beroperasi pada bulan September 2017.

Hal ini disampaikan I Gusti Putu Suryawirawan seusai pertemuan dengan Manager Executive Officer PT Nippon Stell and Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) di Kantor kemenperin, Jakarta.

"KNSS akan memproduksi pelat baja galvanis dengan total kapasitas mencapai 500 ribu ton yang akan digunakan untuk industri otomotif," ungkap I Gusti Putu Suryawirawan kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta n(9/6/2017).

Ia menambahkan, saat ini baja galvanis yang digunakan untuk membuat badan mobil masih diimpor 100%. Jika pabrik tersebut beroperasi, substitusi impor yang terjadi dapat mencapai 50 persen.

Menurut Putu, industri baja saat ini sangat tergantung oleh sektor otomotif. "kalau industri otomotifnya tumbuh mereka juga akan tumbuh, karena sebagian besar industri baja akan diserap oleh industri otomotif," terangnya.

Menurut catatan Kemenperin, sektor otomotif berekspansi 8,39 persen pada kuartal II 2016 setelah hanya tumbuh 3,36 persen di kuartal I. "Ada tren tahunan yang menunjukkan pertumbuhan di kuartal kedua biasanya lebih baik dibanding kuartal sebelumnya," imbuhnya.

Putu berharap pertumbuhan industri otomotif pada tahun ini bisa mencapai lima persen. "Lima persen juga sudah baik, karena tahun lalu industri otomotif kita hanya bisa tumbuh di bawah empat persen," tutup Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM Dosen President University Wakili Indonesia di Konferensi Internasional Jerman terkait Kepemimpinan Perempuan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 13:52 WIB

Dosen President University Wakili RI di Konferensi Internasional

Kebanggaan dirasakan oleh President University karena memiliki seorang Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM.

Tidung Festival 2017 (Ist)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 12:20 WIB

Warna-Warni Perahu dan Homestay Meriahkan Tidung Festival 2017

Penyelenggaraan Tidung Festival 2017 tahun ini, menghadirkan berbagai serangkaian kegiatan yang menarik dan unik. Para masyarkatpun antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan ikut serta dalam…

Aktivis Perdamaian Korea Teguh Santosa

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:24 WIB

Teguh Santosa Apresiasi Penegasan Presiden Moon Tidak Ingin Tercipta Perang Semenanjung Korea

Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea, Teguh Santosa menyambut baik penegasan Presiden Republik Korea Moon Jaein yang tidak menginginkan perang kembali melanda di Semenanjung Korea.

SK-II Masterpiece. (Foto: IST)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Perawatan Kulit Mewah SK-II Bertajuk Masterpiece Pitera

Memiliki kulit wajah yang cerah berseri, kenyal, dengan tekstur yang lembut merata, tentu telah menjadi impian setiap wanita. Dan untuk mewujudkannya, SK-II terus melakukan inovasi dengan berbekal…

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS, usai membuka TIF 2017.

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:13 WIB

7 Kerajaan dan Kesultanan Ikuti Pamareran Timeless Indonesia Festival II di Bali

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan apresiasi tinggi pada pembukaan "Timeless Indonesia Festival II (TIF)" di Kab Badung, Bali, Sabtu (19/8), yang diikuti oleh tujuh kerajaan dan kesultanan,…