Pabrik Baja Galvanis Siap Suplai Industri otomotif September 2017

Oleh : Ridwan | Jumat, 09 Juni 2017 - 15:26 WIB

I Gusti Putu Suryawirawan - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
I Gusti Putu Suryawirawan - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, Pabrik baja otomotif milik PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) akan selesai dan siap beroperasi pada bulan September 2017.

Hal ini disampaikan I Gusti Putu Suryawirawan seusai pertemuan dengan Manager Executive Officer PT Nippon Stell and Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) di Kantor kemenperin, Jakarta.

"KNSS akan memproduksi pelat baja galvanis dengan total kapasitas mencapai 500 ribu ton yang akan digunakan untuk industri otomotif," ungkap I Gusti Putu Suryawirawan kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta n(9/6/2017).

Ia menambahkan, saat ini baja galvanis yang digunakan untuk membuat badan mobil masih diimpor 100%. Jika pabrik tersebut beroperasi, substitusi impor yang terjadi dapat mencapai 50 persen.

Menurut Putu, industri baja saat ini sangat tergantung oleh sektor otomotif. "kalau industri otomotifnya tumbuh mereka juga akan tumbuh, karena sebagian besar industri baja akan diserap oleh industri otomotif," terangnya.

Menurut catatan Kemenperin, sektor otomotif berekspansi 8,39 persen pada kuartal II 2016 setelah hanya tumbuh 3,36 persen di kuartal I. "Ada tren tahunan yang menunjukkan pertumbuhan di kuartal kedua biasanya lebih baik dibanding kuartal sebelumnya," imbuhnya.

Putu berharap pertumbuhan industri otomotif pada tahun ini bisa mencapai lima persen. "Lima persen juga sudah baik, karena tahun lalu industri otomotif kita hanya bisa tumbuh di bawah empat persen," tutup Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Ilustrasi Petani Garam (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:55 WIB

Kemenperin Blak-Blakan Soal Impor Garam

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui jika saat ini pemerintah maupun para petani belum mampu menyediakan kebutuhan garam bagi industri. Sehingga, opsi impor garam menjadi langkah…

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:39 WIB

MPR: Indonesia Butuh Haluan Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kembali pola pembangunan sejenis garis besar haluan negara(GBHN), ditengah munculnya fenomena Demokrasi Pancasila menghasilkan…