Astra International Optimis Penjualan Kendaraan Roda Empat Meningkat di Bulan Ramadhan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Juni 2017 - 12:44 WIB

PT Astra International Tbk (ASII)
PT Astra International Tbk (ASII)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Astra International Tbk (ASII) optimistis dapat meningkatkan penjualan kendaraan roda empat pada bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Hal tersebut, karena banyaknya masyarakat yang memperoleh dana Tunjangan Hari Raya (THR) untuk membeli kendaraan.

"Penjualan mobil diperkirakan bulan Mei lebih tinggi karena tahun lalu tingginya di Juni. Tahun ini, Lebaran jatuhnya di akhir Juni," kata Head Investor Relations Astra International, Tira Ardianti di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Menurut Tirta, pola peningkatan penjualan roda empat akan terasa sebelum Lebaran. Saat ini penjualan mobil sudah mengalami peningkatan.

"Perusahaan belum bisa membicarakan angka peningkatan secara gamblang. Tapi, sejauh ini market share penjualan roda empat Astra International berada di kisaran 56% hingga 57%," ungkapnya.

Tirta menambahkan, walaupun optimistis mengerek pe‎njualan mobil ada beberapa masalah yang bisa mengganggu dari hasil penjualan seperti ‎Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menghimbau perusahaan pembiayaaan agar lebih konsentrasi dalam memperhatikan rasio kredit bermasalah (NPL).

"Jadi perusahaan pembiayaan lebih hati-hati memberikan approval kredit. Hal itu memengaruhi penjualan," ujar Tira.

Tirta Menilai, kondisi politik tanah air yang masih belum jelas dan kejadian ‎teror bom seperti di Kampung Melayu turut menekan angka penjualan roda empat pada akhir-akhir ini.

"Bayangkan saja saya sempat bicara dengan dealer, baik dealter Astra atau bukan. Jadi dealer kompetitor merasakan dampak terhadap sales menurun akibat kejadian bom Kampung Melayu," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghibur para pengungsi Erupsi Gunung Agung di Lapangan Desa Ulakan, Kabupaten Karangasem, Selasa (26/9) sore. (Foto: Humas/Jay

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:39 WIB

Gunung Agung Bali Gempa Vulkanik 25.000 Kali

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat total gempa vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, sejak level waspada hingga level IV Awas saat ini sudah mencapai…

B. Braun Berikan Penyuluhan Kesehatan di Desa Kalihurip (Foto Ridwan)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:33 WIB

B. Braun Berikan Penyuluhan Kesehatan di Karawang

B. Braun terus lanjutkan komitmennya untuk melindungi dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dunia.

Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta NTB (20/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:18 WIB

Pemerintahan Presiden Jokowi-JK Berhasil Bangun Industri Pariwisata

Selama tiga tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah berhasil membangun industri pariwisata.

Ilustrasi Kedelai (Foto Ist)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:57 WIB

Bea Masuk Impor Kedelai Sebaiknya Dihapuskan

Lembaga Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyatakan kebijakan bea masuk impor kedelai sebaiknya tetap dibebaskan karena memudahkan konsumen dan kalangan industri kecil di Tanah Air.…

PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS (Foto Ist)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:48 WIB

PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS

PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membantu pembangunan sejumlah rumah ibadah, pengadaan sumber air bersih berupa pompa…