Astra International Optimis Penjualan Kendaraan Roda Empat Meningkat di Bulan Ramadhan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Juni 2017 - 12:44 WIB

PT Astra International Tbk (ASII)
PT Astra International Tbk (ASII)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Astra International Tbk (ASII) optimistis dapat meningkatkan penjualan kendaraan roda empat pada bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Hal tersebut, karena banyaknya masyarakat yang memperoleh dana Tunjangan Hari Raya (THR) untuk membeli kendaraan.

"Penjualan mobil diperkirakan bulan Mei lebih tinggi karena tahun lalu tingginya di Juni. Tahun ini, Lebaran jatuhnya di akhir Juni," kata Head Investor Relations Astra International, Tira Ardianti di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Menurut Tirta, pola peningkatan penjualan roda empat akan terasa sebelum Lebaran. Saat ini penjualan mobil sudah mengalami peningkatan.

"Perusahaan belum bisa membicarakan angka peningkatan secara gamblang. Tapi, sejauh ini market share penjualan roda empat Astra International berada di kisaran 56% hingga 57%," ungkapnya.

Tirta menambahkan, walaupun optimistis mengerek pe‎njualan mobil ada beberapa masalah yang bisa mengganggu dari hasil penjualan seperti ‎Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menghimbau perusahaan pembiayaaan agar lebih konsentrasi dalam memperhatikan rasio kredit bermasalah (NPL).

"Jadi perusahaan pembiayaan lebih hati-hati memberikan approval kredit. Hal itu memengaruhi penjualan," ujar Tira.

Tirta Menilai, kondisi politik tanah air yang masih belum jelas dan kejadian ‎teror bom seperti di Kampung Melayu turut menekan angka penjualan roda empat pada akhir-akhir ini.

"Bayangkan saja saya sempat bicara dengan dealer, baik dealter Astra atau bukan. Jadi dealer kompetitor merasakan dampak terhadap sales menurun akibat kejadian bom Kampung Melayu," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Walikota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: beastudiindonesia.net)

Minggu, 24 Juni 2018 - 06:00 WIB

Setelah Cuti 130 Hari, Kang Emil Kembali Jabat Walikota Bandung

Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai Wali Kota Bandung setelah sebelumnya sempat cuti untuk ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…