Astra International Optimis Penjualan Kendaraan Roda Empat Meningkat di Bulan Ramadhan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Juni 2017 - 12:44 WIB

PT Astra International Tbk (ASII)
PT Astra International Tbk (ASII)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Astra International Tbk (ASII) optimistis dapat meningkatkan penjualan kendaraan roda empat pada bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Hal tersebut, karena banyaknya masyarakat yang memperoleh dana Tunjangan Hari Raya (THR) untuk membeli kendaraan.

"Penjualan mobil diperkirakan bulan Mei lebih tinggi karena tahun lalu tingginya di Juni. Tahun ini, Lebaran jatuhnya di akhir Juni," kata Head Investor Relations Astra International, Tira Ardianti di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Menurut Tirta, pola peningkatan penjualan roda empat akan terasa sebelum Lebaran. Saat ini penjualan mobil sudah mengalami peningkatan.

"Perusahaan belum bisa membicarakan angka peningkatan secara gamblang. Tapi, sejauh ini market share penjualan roda empat Astra International berada di kisaran 56% hingga 57%," ungkapnya.

Tirta menambahkan, walaupun optimistis mengerek pe‎njualan mobil ada beberapa masalah yang bisa mengganggu dari hasil penjualan seperti ‎Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menghimbau perusahaan pembiayaaan agar lebih konsentrasi dalam memperhatikan rasio kredit bermasalah (NPL).

"Jadi perusahaan pembiayaan lebih hati-hati memberikan approval kredit. Hal itu memengaruhi penjualan," ujar Tira.

Tirta Menilai, kondisi politik tanah air yang masih belum jelas dan kejadian ‎teror bom seperti di Kampung Melayu turut menekan angka penjualan roda empat pada akhir-akhir ini.

"Bayangkan saja saya sempat bicara dengan dealer, baik dealter Astra atau bukan. Jadi dealer kompetitor merasakan dampak terhadap sales menurun akibat kejadian bom Kampung Melayu," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Ulama menggelar konfrensi Pers aksi bela palestina 1712 (foto hidayatulah)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:58 WIB

Ma'ruf Amin Pastikan Aksi Bela Palestina Tidak Ada Unsur Politis

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menegaskan tidak ada unsur politik praktis dalam aksi bela Palestina yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (17/12).…

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:37 WIB

Enam Usulan Indonesia Terkait Penyelesaian Masalah Palestina

Presiden juga sudah menyampaikan enam usulan Indonesia dalam KTT luar biasa OKI.

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:30 WIB

Presiden Jokowi Yakin Aksi Bela Palestina Berlangsung Tertib

Presiden Joko Widodo meyakini Aksi Bela Palestina yang akan berlangsung pada 17 Desember 2017 atau disebut aksi 1712 berlangsung dengan tertib.

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:15 WIB

Menpora Harapkan Pemuda Harus Siap Tanggulangi Bencana

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi meminta pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan Barisan Serbaguna NU (Banser) siap dalam penanggulangan bencana alam.

Presiden Jokowi menghadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Sabtu, (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:10 WIB

Presiden Jokowi Tetap Monitor Penanganan Gempa Sejumlah Daerah

Presiden Joko Widodo terus memantau penanganan gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta pada Jumat (15/12/2017)…